REPRESENTASI SPIRITUALITAS KRISTEN PADA ARSITEKTUR GEREJA KRISTEN INDONESIA PREGOLAN BUNDER SURABAYA

TRIFENA WIJAYA, 071015057 (2014) REPRESENTASI SPIRITUALITAS KRISTEN PADA ARSITEKTUR GEREJA KRISTEN INDONESIA PREGOLAN BUNDER SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-wijayatrif-33216-6.abstr-k.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis. K. 82-14 Wij r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus dari penelitian ini adalah representasi spiritualitas Kristen pada arsitektur Gereja Kristen Indonesia Pregolan Bunder (GKI Pregbun) Surabaya. Pada penelitian ini, arsitektur merupakan salah satu bentuk komunikasi non verbal yang merupakan“teks” yang dapat dipelajari dan dimaknai. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana spiritualitas Kristen direpresentasikan pada arsitektur GKI Pregbun Surabaya. Tinjauan pustaka yang digunakan adalah representasi spiritualitas Kristen, simbol dan identitas budaya, semiotik arsitektur, arsitektur sebagai sarana komunikasi non verbal dan produk kebudayaan, arsitektur dan agama dalam era postmodern, dan power and space. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah semiotik arsitektur Umberto Eco yang menganalisis arsitektur melalui kode teknis, kode sintaksis, dan kode semantik. Berdasarkan analisis, didapatkan temuan bahwa arsitektur GKI Pregbun merepresentasikan spiritualitas Kristen yang mengokohkan identitas ajaran Calvinis yang statis dan dogmatis merupakan sosok yang transenden dan yang tertinggi. Meski begitu di dalam gereja juga terdapat diferensiasi area yakni zooning imam agung dan zooning jemaat karena adanya diferensiasi berdasarkan power. Arsitektur GKI Pregbun di satu sisi mempertegas ciri bangunan aliran modern namun di satu sisi mempertegas ciri bangunan aliran postmodern. Sehingga dapat dikatakan bahwa suatu bangunan dapat mewakili banyak perspektif arsitektur seperti berdiri di dua kaki dan bisa dimaknai dengan banyak sudut pandang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 82/14 Wij r
Uncontrolled Keywords: SEMIOTICS; CHURCH ARCHITECTURE
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN30-39 The church and social problems
N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
TRIFENA WIJAYA, 071015057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKandi Aryani Suwito, S.Sos., MAUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 11 Sep 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 02:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15733
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item