STRATEGI POLITICAL PUBLIC RELATIONS DALAM KAMPANYE PEMILU 2014 (STUDI KASUS: TOTOK DARYANTO, CALON LEGISLATIF DPR RI DI DAPIL V JAWA TIMUR)

YUNITA DIAN ABSARY, 071015002 (2014) STRATEGI POLITICAL PUBLIC RELATIONS DALAM KAMPANYE PEMILU 2014 (STUDI KASUS: TOTOK DARYANTO, CALON LEGISLATIF DPR RI DI DAPIL V JAWA TIMUR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-absaryyuni-33273-6.abstr-k.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15745.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi political public relations dalam kampanye pemilu 2014 dengan studi kasus Totok Daryanto (TD), calon legislatif DPR RI di Dapil V Jawa Timur. Signifikansi penelitian ini yakni TD merupakan incumbent legislatif DPR RI yang maju lagi, namun kali ini berbeda daerah pemilihan (Dapil). Pemilu periode 2014, TD maju dari Dapil V Jawa Timur (Malang Raya). Tentu ada sejumlah tantangan, mulai dari kompetitor, figurnya yang tidak dikenal, hingga elektabilitas partainya, PAN yang tidak signifikan. TD menerapkan strategi Political PR melalui tim sukses untuk kampanye pemenangan pemilu 2014 di dapil TD yang baru. Tinjauan pustaka penelitian meliputi teori kampanye politik dalam komunikasi politik, serta political public relations yaitu: media management, image management, information management, dan internal communication. Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi dan in-depth interview, dengan sasaran penelitian tim TD Great(ive) dan TD. Observasi dipilih karena peneliti menjadi partisipan atau terlibat dalam aktivitas kampanye pemenangan ini. Unit analisis penelitian ini adalah narasi hasil interview. Hasil penelitian ini yakni ada aktivitas-aktivitas yang dilakukan berkaitan praktek political public relations seperti media management, image management, information management dan internal communication. Setiap aktivitas disesuaikan dengan house of message kampanye pemenangan ini yaitu “Aksi yang Pasti”. Strategi ini digunakan untuk menimbulkan perhatian (attention), ketertarikan (interest) agar timbul hasrat (desire) untuk memilih TD dalam pemilu 2014. Strategi ini cukup efektif, sebab berdasarkan hasil survey PusDeHam (April 2014), popularitas TD sebesar 27% dan elektabilitasnya sebebsar 4%. TD memperoleh kursi kedelapan di DPR RI dari dapil V Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 60/14 Abs s
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION;PUBLIC RELATIONS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
YUNITA DIAN ABSARY, 071015002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Ida, Dra. M.Comms., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 18 Sep 2014 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 22:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15745
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item