STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) DALAM MEMBANGUN BRAND IDENTITY (Studi Kasus Telkom Flexi dalam Membangun Brand Identity sebagai Internet Broadband)

LINIS ESTI P., 070810443 (2014) STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) DALAM MEMBANGUN BRAND IDENTITY (Studi Kasus Telkom Flexi dalam Membangun Brand Identity sebagai Internet Broadband). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-linisestip-33293-6.abstr-k.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis. K. 66-14 Lin s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) dalam membangun brand identity dengan studi kasus Telkom Flexi dalam membangun identity internet broadband. Dinamika serta persaingan pasar telekomunikasi, menuntut Telkom Flexi untuk membentuk brand identity yang kuat. Brand identity tersebut dibangun melalui komunikasi menggunakan strategi IMC berlandaskan segmentasi, targeting serta positioning. Fenomena inilah yang kemudian menjadi sebuah kajian yang menarik untuk diteliti, yaitu dengan melihat yang dituju Flexi ketika melakukan rebranding serta strategi IMC yang dilakukan Flexi untuk membangun identity internet broadband. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif dengan data kualitatif. Melalui teknik pengumpulan in-depth interview serta observasi studi dokumentasi, peneliti melakukan wawancara kepada pihak manager dan staf Marketing dan Promotions Flexi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi pergeseran positioning Flexi ketika meakukan transformasi identitynya. Flexi juga melakukan perluasan segmentasi. Dengan tetap menjaga dan mempertahankan pelanggan-pelanggannya yang mayoritas segmen dewasa, Flexi membranding mereknya melalui pendekatan kepada segmen remaja. Dalam membentuk identitas sebagai internet broadband, Flexi menerapkan beberapa promotional tools secara terintegrasi dengan satu tujuan yang sama, yaitu mengkomunikasikan kepada khalayak tentang transformasi identity Flexi yang lebih menonjolkan layanan data, khususnya layanan internet broadband. Promotional tools yang digunakan Flexi untuk mengkomunikasikan identitas internet broadband didesain dan dikemas dengan memuat unsur atau karakteristik remaja yang dinamis, flaxible dan up to date. Flexi memanfaatkan masing-masing keunikan bauran komunikasi pemasaran dengan pendekatan kepada anak muda untuk mencapai tujunan-tujuan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 66/14 Lin s
Uncontrolled Keywords: INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION; BRAND IDENTITY
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
LINIS ESTI P., 070810443UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Ratna Sari, S.IP., M. CommsUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 19 Sep 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 06:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15752
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item