PENERIMAAN PEMAIN OLAHRAGA TERHADAP GAMBARAN FASHION SPORTS DI INTERNET

RAHMA JULMA RAMADHANI, 071015035 (2014) PENERIMAAN PEMAIN OLAHRAGA TERHADAP GAMBARAN FASHION SPORTS DI INTERNET. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-ramadhanir-33301-6.abstr-i.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
84.gdlhub-gdl-s1-2014-ramadhanir-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus dalam penelitian ini adalah penerimaan karena ingin mengeksplore interpretasi pemain olahraga di Surabaya terhadap gambaran-gambaran “fashion sport” yang ada di beberapa website sport equipment and miscellaneous (peralatan dan aksesori olahraga yang pernah dikunjungi oleh pemain olahraga tersebut. Olahraga merupakan bentuk budaya yang saat ini telah menjadi komoditas media. Kemunculan olahraga di media dengan berbagai bentuk, membawa olahraga pada sebuah level baru yang meletakkan olahraga sebagai budaya popular. Olahraga kian dikonsumsi masyarakat, namun tidak lagi sebatas aktivitas fisik berorientasi kesehatan melainkan lebih kepada konsumsi simbolis dan status. Penelitian penerimaan khalayak ini bertujuan untuk memahami interpretasi pemain olahraga terhadap fashion sports yang ditampilkan dalam new media, yaitu website dan media sosial. Subyek penelitian ini adalah pemain olahraga yang menekuni olahraga dan mengkonsumsi media internet sehariharinya. Penelitian menggunakan informan dengan latar belakang dari segi usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, dan faktor ekonomi yang heterogen. Perbedaan latar belakang informan tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil interpretasi yang beragam. Berdasarkan analisis penelitian, didapatkan hasil bahwa informan memiliki berbagai pemaknaan mengenai fashion sports yang ditampilkan di website dan sosial media. Pemain olahraga menginterpretasi bahwa olahraga kini merupakan komoditas dan dikonsumsi tidak lagi sebaga aktivitas fisik, namun dilakukan untuk merefleksikan simbol-simbol fashion yang dicontoh dari atlet yang ditampilkan di website. Fashion sports merupakan perkembangan baik dalam olahraga yang membawa olahraga pada level berbeda, dimana prakteknya tidak semata-mata adalah hanya untuk orientasi kesehatan dan tontonan yang menghibur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 75/14 Ram p
Uncontrolled Keywords: SPORTS; FASHION; INTERNET
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
RAHMA JULMA RAMADHANI, 071015035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia Illahiati, ,S.Sos, M.Med.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 23 Sep 2014 12:00
Last Modified: 15 Aug 2016 02:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15760
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item