ANALISIS USABILITY WEBSITE REPOSITORY PERPUSTAKAAN INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA (Studi deskriptif tentang usability website repository Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya berdasarkan evaluasi heuristik)

HERU RAHARJA CATUR PUTRA, 071016030 (2014) ANALISIS USABILITY WEBSITE REPOSITORY PERPUSTAKAAN INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA (Studi deskriptif tentang usability website repository Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya berdasarkan evaluasi heuristik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-putraherur-33879-4.abstr-k.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15770.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menurut Casson (2001), salah satu masalah yang dihadapi dalam pengembangan perpustakaan digital sebagai salah satu bentuk pemanfaatan web adalah berkaitan dengan interface atau desain antarmuka. Interface atau antarmuka perpustakaan digital menjadi jembatan yang menghubungkan kebutuhan informasi pengguna dengan sumber-sumber dan layanan yang ada di perpustakaan. Salah satu cara mengevaluasi dan merencanakan desain interface atau antarmuka dikenal dengan nama uji ketergunaan atau usability testing. Uji ketergunaan atau usability adalah mengukur kemudahan penggunaan, kemudahan dalam mempelajari, efisiensi dan kepuasan. Dasar teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah evaluasi heuristik dari Jakob Nielsen yang terkenal dengan ten usability heuristics. Penelitian ini dilakukan terhadap 100 orang mahasiswa ITS sebagai responden atau pengguna, dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kegunaan (usablity) dari website repository perpustakan ITS. Usability website repository perpustakaan ITS dari hasil analisis peneliti dengan menggunakan metode sepuluh heuristik, tergolong tidak ada masalah usability berdasarkan perolehan nilai secara keseluruhan dari rata-rata sepuluh heuristik, dengan nilai 3,51 yang jika dibulatkan menjadi nilai 4 yang berarti termasuk ke dalam nilai tinggi, walaupun masih ditemukan beberapa kekurangan terkait dengan usability pada poin tertentu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 53/14 Put a
Uncontrolled Keywords: WEB SITES; LIBRARY STORAGE CENTERS
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
HERU RAHARJA CATUR PUTRA, 071016030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDyah Puspitasari, ,S.Kom, M. HumUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 12 Nov 2014 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 22:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15770
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item