MOTIF REMAJA AKHIR SURABAYA MENGGUNAKAN GAME FACEBOOK

AKBAR CAHYADIYNTHA GIMON, 070915058 (2014) MOTIF REMAJA AKHIR SURABAYA MENGGUNAKAN GAME FACEBOOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-gimonakbar-34132-6.abstr-k.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
139.gdlhub-gdl-s1-2014-gimonakbar-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada motif bermain game Facebook di kalangan remaja akhir Surabaya. Didapatkan temuan data bahwa Indonesia menempati urutan ke 4 dengan 48.134.040 pengguna Facebook. Sebanyak 20.079.798 pengguna Facebook di Indonesia memainkan salah satu game Facebook yaitu Zynga Poker, dan juga banyak game lain yang ditawarkan oleh Facebook. Dari data tersebut juga diketahui bahwa 43,7% dari pengguna facebook di Indonesia adalah kelompok usia 18-24 tahun (socialbakers.com). Sehingga peneliti ingin mengetahui motif apa yang mendasari remaja akhir Surabaya dalam mengkonsumsi game Facebook. Pada Teori Uses and Gratifications, audiens media dianggap aktif dalam menggunakan media berdasarkan motif-motif tertentu. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik sampling non probabilitas yaitu dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengukuran motif dilakukan dengan menggunakan tabel frekuensi dan tabulasi silang terhadap motif Informasi, motif Hiburan, motif Identitas Personal, dan motif Hubungan Personal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motif yang paling banyak dipilih oleh remaja akhir di Surabaya dalam mengkonsumsi game Facebook adalah motif informasi dengan indikator menggunakan game Facebook untuk memuaskan rasa ingin tahu. Meskipun menurut data yang ditemukan, motif yang paling menonjol adalah motif hiburan dan motif identitas pribadi. Ditemukan juga pada variabel jenis game Facebook yang paling banyak dipilih adalah Zynga Poker, dan pada variabel genre game Facebook yang paling banyak dipilih responden adalah genre Arcade Games

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. K. 88/14 Gim m
Uncontrolled Keywords: SOCIAL MEDIA
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
AKBAR CAHYADIYNTHA GIMON, 070915058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Ratna Sari, ,S.IP., M. CommsUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 03 Dec 2014 12:00
Last Modified: 25 Aug 2016 06:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15816
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item