INTERPRETASI KHALAYAK TERHADAP SENSUALITAS PEREMPUAN DALAM BUDAYA JAWA PADA LIRIK LAGU DANGDUT KOPLO “BUKA DIKIT JOS” DAN “WES MBOK RASAKNE”

BAGAS PUTRA ADHITAMA, 071015079 (2014) INTERPRETASI KHALAYAK TERHADAP SENSUALITAS PEREMPUAN DALAM BUDAYA JAWA PADA LIRIK LAGU DANGDUT KOPLO “BUKA DIKIT JOS” DAN “WES MBOK RASAKNE”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-adhitamaba-34222-6.abstr-k.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
157.gdlhub-gdl-s1-2014-adhitamaba-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus dalam penelitian ini adalah interpretasi khalayak terhadap sensualitas perempuan dalam budaya Jawa pada lirik lagu dangdut koplo Buka Dikit Jos dan Wes Mbok Rasakne. Sensualitas perempuan dalam budaya Jawa diidentifikasikan dengan konsep asmaragama, yakni hubungan seksual suami-istri dalam tradisi Jawa yang didasari oleh rasa cinta sebagai upaya pemenuhan spiritual. Penelitian kualitatif eksploratif ini menggunakan metode reception analysis (analisis resepsi) yang berguna untuk mengeksplorasi pemaknaan khalayak. Pada teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan indepth interview (melakukan wawancara mendalam) untuk memperoleh data-data kualitatif dari para informan. Khalayak pada penelitian ini adalah individu yang pernah mendengarkan lagu Buka Dikit Jos dan Wes Mbok Rasakne. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang beragam, peneliti menggunakan tujuh informan yang berasal dari latar sosial dan budaya berbeda, seperti perbedaan gender, usia, asal daerah, suku, agama, status perkawinan, pendidikan terakhir, serta pekerjaan. Berdasarkan hasil analisis penelitian, didapatkan bahwa informan memiliki berbagai macam pemaknaan mengenai sensualitas perempuan dalam budaya Jawa pada lirik lagu dangdut koplo Buka Dikit Jos dan Wes Mbok Rasakne. Pertama, dimasukannya unsur sensualitas kedalam dua lirik lagu menurut informan untuk memenuhi selera masyarakat kelas bawah. Kedua, penggunaan bahasa pada kedua lirik lagu dimaknai informan menunjukan perempuan sebagai obyek yang direndahkan dan tidak sesuai dengan konsep yang ada pada tradisi Jawa. Ketiga, sensualitas perempuan dipahami informan berkaitan dengan daya tarik fisik. Terakhir, sensualitas dimaknai informan terkait gaya busana perempuan dalam budaya Jawa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. K. 112/14 Adi i
Uncontrolled Keywords: SENSUALITY; SONGS-TEXTS
Subjects: M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
BAGAS PUTRA ADHITAMA, 071015079UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKandi Aryani, , S.Sos.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 10 Dec 2014 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 08:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15839
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item