EKSISTENSI SUNDA WIWITAN “Eksistensi Sunda Wiwitan pada Anggota Suku Baduy Di Jakarta”

MOCH. MASYKUR FUAD ANSYORI, 071014025 (2014) EKSISTENSI SUNDA WIWITAN “Eksistensi Sunda Wiwitan pada Anggota Suku Baduy Di Jakarta”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-ansyorimoc-34346-5.abstr-k.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-ansyorimoc-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam masyarakat saat ini banyak terdapat berbagai suku, ras dan agama. Karena semakin meluasnya masyarakat dalam suatu tempat akan berkumpul dari berbagai golongan agama, ras dan budaya. Suku Baduy adalah salah satu suku adat terasing yang mengasingkan dirinya dari dunia luas dan sangat membatasi tentang adanya tekhnologi dan perkembangan modern lainnya. Penelitian yang berjudul “Eksistensi Sunda Wiwitan (Eksistensi Sunda Wiwitan pada Anggota Suku Baduy di Jakarta )” ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan peneliti berikut: Bagaimana anggota suku Baduy yang berada di Jakarta memahami dan mempertahankan Sunda Wiwitan? Untuk mendukung penelitian ini, digunakan teori-teori yang relevan dengan permasalahan yang diteliti yaitu Teori Agama yang hasil dari pemikiran Emile Durkheim. Tipe penilitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Anggota Suku Baduy merasa mendapatkan banyak cobaan dan banyak rintangan dalam mempertahankannya. Eksistensi Sunda Wiwitan dan pemahaman yang di miliki oleh masing – masing informan sangat bervariatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. S. 57/14 Ans e
Uncontrolled Keywords: SUNDA; BADUY
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV3176-3199 Special classes. By race or ethnic group
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
MOCH. MASYKUR FUAD ANSYORI, 071014025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarso, Drs. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 15 Dec 2014 12:00
Last Modified: 03 Sep 2016 02:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15863
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item