STUDI DESKRIPTIF TENTANG FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KEGAGALAN PROGRAM RELOKASI PKL DI AREA STADION TAMBAKSARI SURABAYA

FITRIA RACHMAWATI U., 071011079 (2014) STUDI DESKRIPTIF TENTANG FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KEGAGALAN PROGRAM RELOKASI PKL DI AREA STADION TAMBAKSARI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-fitriarach-34401-8.abstr-k.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-fitriarach-34401-8.abstr-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang Faktor-Faktor kegagalan Program Relokasi PKL di Sekitar Stadion Tambaksari Surabaya. Yang melatar belakangi penelitian ini, berdasarkan pada awal Tahun 2013 sebenarnya para PKL sudah direlokasi dari tempat berjualan semula yakni sekitar Stadion Tambaksari menuju Pasar Krampung.Namun faktanya, para PKL banyak yang kembali berjualan di sekitar Satdion Tambaksari.Oleh karena itu dengan kondisi yang demikian peneliti ingin mengetahui faktor-faktor kegagalan implementasi yang dilakukan Pemkot Surabaya dalam merelokasi PKL. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti memakai metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan tehnik snowball. Data diperoleh melalui proses observasi dan wawancara mendalam, serta memanfaatkan sumber data dokumen. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah.Analisis dan interpretasi data dilakukan dengan menelaah sumber data dokumen. Hasil yang didapatkan dari kesimpulan ini menunjukkan bahwa secara umum implementasi program relokasi pedagang kaki lima di sekitar Stadion Tambaksari Surabaya belum berjalan dengan baik karena belum mencapai tujuan awal program relokasi. Hal ini dipengaruhi oleh faktor environmental, yakni kondisi tempat tujuan relokasi (Pasar Krampung) yang kurang kondusif sehingga menyebabkan penurunan pendapatan yang dialami oleh PKL.Serta pengaruh paguyuban sebagai kelompok penekan juga menyebabkan kegagalan program relokasi ini.Dalam menjalankan program ini pasti ditemukan kendala yang akhirnya menimbulkan tekanan yang dirasakan kedua belah pihak.Tekanan ini akan mengakibatkan terciptanya umpan balik (feedback) yang dilakukan dengan cara negosiasi antara kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 42/14 Fit s
Uncontrolled Keywords: RELOCATION (HOUSING)
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia > 6651 Political institutions and public administration (Asia,Africa, Australia, Pacific Area, etc.)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
FITRIA RACHMAWATI U., 071011079UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorR. Wahyuni Triana, Dra. ,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 16 Dec 2014 12:00
Last Modified: 03 Sep 2016 07:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15883
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item