DAMPAK KEBIJAKAN JAMINAN PENDIDIKAN DAERAH (JPD) TERHADAP PEMERATAAN PENDIDIKAN JENJANG MENENGAH DI KOTA YOGYAKARTA

Riztia Nur Widiani, 071011058 (2014) DAMPAK KEBIJAKAN JAMINAN PENDIDIKAN DAERAH (JPD) TERHADAP PEMERATAAN PENDIDIKAN JENJANG MENENGAH DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-widianiriz-34527-8.abstr-k.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
226.gdlhub-gdl-s1-2014-widianiriz-fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan penelitian mengenai dampak kebijakan Jaminan Pendidikan Daerah (JPD) terhadap pemerataan pendidikan jenjang menengah di Kota Yogyakarta. Kebijakan ini merupakan wujud dari sasaran pemerintah Kota Yogyakarta dalam mencapai perluasan akses pendidikan dan pemerataan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran kualitatif-kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Strategi metode campuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi sekuensial atau bertahap. Strategi ini dilakukan dengan melakukan wawancara kualitatif terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan metode kuantitatif. Pemilihan informan dan responden menggunakan teknik purposive sampling. Sementara pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, studi dokumentasi, dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan, dan teknik analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan analisis tabel silang. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan Jaminan Pendidikan Daerah di Kota Yogyakarta berdampak pada terjadinya pemerataan pendidikan secara cukup baik. Dimensi pemerataan pendidikan yaitu equality of access, equality of survival, equality of output dan equality of outcome telah cukup merata, namun masih banyak aspek dalam indikator tersebut yang masih belum mencapai target bagi pihak satuan pendidikan seperti tingkat motivasi dan hasil akademis siswa penerima JPD yang masuk dalam indikator equality of survival, equality of output.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN.83/14 Wid d
Uncontrolled Keywords: EDUCATION, SECONDARY; EDUCATION EQUALITY
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Riztia Nur Widiani, 071011058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGitadi Tegas Supramudyo, Drs. , M.siUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 23 Dec 2014 12:00
Last Modified: 06 Sep 2016 06:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15918
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item