Pedagang Kaki Lima Di Lingkungan Masjid Al Akbar Surabaya (Strategi Adaptasi PKL Anggota Paguyuban PKL Makmur Pagesangan Untuk Tetap Berjualan Di Lingkungan Masjid Al Akbar Surabaya)

Bagus Fajar F (2015) Pedagang Kaki Lima Di Lingkungan Masjid Al Akbar Surabaya (Strategi Adaptasi PKL Anggota Paguyuban PKL Makmur Pagesangan Untuk Tetap Berjualan Di Lingkungan Masjid Al Akbar Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (237kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 22 May 2023.

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 22 May 2023.

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 22 May 2023.

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 22 May 2023.

Download (392kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejak diresmikannya Masjid Al Akbar Surabaya pada tahun 2000, keberadaan masjid Nasional yang merupakan masjid terbesar kedua di Indonesia ini mengundang datangnya jamaah maupun pengunjung dari kawasan Surabaya dan sekitarnya bahkan dari luar provinsi dan juga luar negeri. Seperti layaknya kawasan wisata religi yang lain, ramainya pengunjung Masjid Al Akbar tersebut juga membuat banyak pedagang kaki lima atau PKL yang berjualan di area masjid tersebut. Salah satu kelompok PKL yang ada adalah Payuban PKL Makmur yang dikelola warga Pagesangan dan menempati di lahan kosong seluas 10.962 meter persegi yang berada 200 meter di sebelah utara Masjid Al Akbar Surabaya. Lahan tersebut adalah lahan milik pemerintah kota yang diamanatkan kepada Masjid Al Akbar Surabaya dan biasa digunakan sebagai lahan parkir jamaah pada saat ada kegiatan-kegiatan besar di Masjid Al Akbar. Dalam perjalanannya, keberadaan Paguyuban PKL Makmur Pagesangan yang menempati lahan Pemkot ini mengalami banyak sekali permasalahan, utamanya terkait dengan status lahan milik Pemkot yang diamanatkan kepada Masjid Al Akbar Surabaya tersebut. Berbagai masalah tersebut ini ditengarai sebagai upaya manajemen untuk merebut pengelolaan PKL di lahan tersebut yang dipegang oleh warga Paguyuban PKL Makmur Pagesangan. Karena sejak adanya PKL tersebut, tempat ini selalu ramai dan mampu mengundang banyak pengunjung. Bahkan sejak berdirinya sentra PKL di lokasi tersebut Masjid, banyak pedagang yang boyongan dari depan masjid, yang dikelola oleh manajemen masjid. Mereka memilih bergabung ke Paguyuban PKL Makmur Pagesangan karena tempatnya lebih nyaman. Dalam menghadapi berbagai permasalahan yang terjadi dan bisa tetap bertahan di lokasi berjualan di lahan kosong sisi utara masjid, strategi yang satunya adalah dengan melakukan perlawanan, dengan ngotot mempertahankan daganganya, dengan menjebol pagar seng yang dipasang, maupun dengan memindahkan pintu yang digembok tanpa merusak gembok yang dipasang. Strategi adaptasi lain, dilakukan dengan menciptakan, mengembangkan dan memelihara hubungan-hubungan sosial yang telah membentuk suatu jaringan sosial. Jaringan sosial ini merupakan strategi adaptasi yang paling efektif dari para PKL untuk tetap berjualan di lahan tersebut. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan bahwa hampir semua penyelesaian dari permasalahan yang ada diserahkan sepenuhnya oleh para PKL kepada pengurus Paguyuban PKL Makmur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. ANT. 21/15 Bag p
Uncontrolled Keywords: ADAPTATION; SMALL BUSINESS
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K3941-3974 Trade and commerce
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Bagus Fajar FNIM070710323
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPudjio SantosoNIDN0015056105
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 11 Mar 2015 12:00
Last Modified: 22 May 2020 02:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15962
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item