Kebijakan Pengembangan UMKM Di Kabupaten Gresik (Studi Tentang Kebijakan Pengembangan UMKM Melalui Pola Kemitraan Dengan PT Semen Indonesia Di Kabupaten Gresik)

Atryas Gilang Kendriatmoko (2015) Kebijakan Pengembangan UMKM Di Kabupaten Gresik (Studi Tentang Kebijakan Pengembangan UMKM Melalui Pola Kemitraan Dengan PT Semen Indonesia Di Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (393kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (369kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (792kB)
[img] Text (BAB III ANALISIS DATA)
5. BAB III ANALISIS DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2023.

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
6. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2023.

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2023.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Propinsi Jawa Timur mulai banyak mengalami pertumbuhan ekonomi dan mempunyai stabilitas inflasi yang baik dalam beberapa tahun belakangan. Beberapa kabupaten di Jawa Timur tersebut yang mengalami pertumbuhan ekonomi antara lain Mojokerto, Tuban, dan Gresik. Kabupaten Gresik termasuk salah satu kabupaten di Jawa Timur yang mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup baik. Hal ini dipengaruhi oleh minat para investor yang mau menanamkan modal di kabupaten tersebut. Selain itu juga kabupaten Gresik juga cukup berhasil dalam mengembangkan ekonomi domestik nya melalui Usaha mikro kecil dan menengah. Hampir tersebar di semua kecamatan UMKM telah berjalan. Selain dengan peran pemerintah melalui Dinas koperasi usaha kecil menengah perindustrian dan perdagangan juga banyak didukung dari dunia usaha besar yang sudah lama berdiri dalam konteks penelitian ini adalah PT Semen Indonesia yang ikut berperan serta dalam penyelenggaraan pengembangan UMKM melalui kemitraan. Dengan alasan tersebut, maka peneliti Akan memfokuskan pada model kemitraan yang jalankan oleh dunia usaha besar dan juga peran Dinas perdagangan perindustrian dan koperasi dalam pengembangan UMKM di Kabupaten Gresik. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana model aliansi strategis daerah dalam pengembangan UMKM yang di lakukan oleh dunia usaha besar dan pemerintah kabupaten di Kabupaten Gresik melalui Dinas koperasi usaha kecil menengah perindustrian dan perdagangan Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu dengan cara mendeskripsikan peranan pemerintah, pembangunan usaha mikro kecil dan menengah, peranan usaha besar, dan model kemitraan dalam bentuk uraian kata-kata dan gambar. Deskripsi tersebut kemudian dibandingkan dengan teori dan konsep yang berasal dari literatur untuk mendapatkan kesimpulan mengenai model aliansi strategis dalam pengembangan umkm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah beserta perusahaan besar dalam penelitian ini PT. Semen Indonesia saling berkontribusi dalam usaha pembangunan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di kabupaten Gresik melalui program Kemitraan inti plasma yang terjalin untuk meningkatkan kemandirian usaha yang dijalankan oleh para pelaku usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pemerintah dan PT. Semen Indonesia telah mampu meningkatkan potensi dan partisipasi aktif UMKM di dalam proses pembangunan nasional, seperti mulai terciptanya pemerataan pembangunan, perluasan kerja dan peningkatan pendapatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. AN. 26/15 Ken k
Uncontrolled Keywords: Small business; partnerships
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Atryas Gilang KendriatmokoNIM070810196
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJusuf IriantoNIDN0006056506
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 11 Mar 2015 12:00
Last Modified: 13 Feb 2020 03:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15973
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item