EFEKTIVITAS PENGAWASAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA OLEH DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA KABUPATEN SIDOARJO SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN BUDAYA K3

LETTYZIA JULIAUDREY TAMPUBOLON, 071111013 (2015) EFEKTIVITAS PENGAWASAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA OLEH DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA KABUPATEN SIDOARJO SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN BUDAYA K3. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-tampubolon-37685-8.abstr-k.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi setiap tenaga kerja di Indonesia. Namun dalam kenyataannya, hal tersebut belum menjadi prioritas di setiap perusahaan dalam menjalankan kegiatannya sehingga sering terjadi perselisihan antara pekerja dan pengusaha. Untuk itu perlu bagi pemerintah untuk melakukan intervensi yang dilakukan dalam bentuk pengawasan untuk menjaga kesejahteraan tenaga kerja sekaligus menjaga keberlangsungan perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas dalam pengawasan yang dilaksanakan oleh instansi terkait yaitu Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik penentuan informan secara purposive. Data yang diperoleh merupakan hasil observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Proses analisa data dilakukan dengan menggabungkan data primer dan sekunder yang didapat, selanjutnya melakukan pengkategorian menggunakan tema substantif yang disiapkan, dan menata kembali untuk dilakukan interpretasi serta penarikan kesimpulan. Kemudian validitas data diuji dengan triangulasi data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan yang dilaksanakan belum efektif. Hal ini dapat dilihat dengan menggunakan dua pendekatan yaitu pendekatan pencapaian tujuan dan pendekatan sistem. Pengawasan belum mampu mencapai tujuan yang ditetapkannya yaitu mewujudkan budaya K3. Secara sistem, pengawasan yang dilaksanakan juga belum efektif karena substansi dalam sistem pengawasan ada yang terganggu sehingga mempengaruhi keberhasilan sistem secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. AN. 39/15 Tam e
Uncontrolled Keywords: OCCUPATIONAL SAFETY AN DHEALTH; EFFECTIVENESS
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
LETTYZIA JULIAUDREY TAMPUBOLON, 071111013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRoestoto Hartojo Putro, Drs. S.UUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 28 Jul 2015 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 04:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15981
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item