Septina Bulanne (2015) Hegemoni Status Kesarjanaan Pada Mahasiswa Dan Lulusan Program Sarjana (Studi Deskriptif pada Universitas Airlangga). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I Pendahuluan.pdf Download (332kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II GAMBARAN UMUM UNIVERSITAS AIRLANGGA.pdf Restricted to Registered users only until 27 January 2023. Download (272kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III PROFIL SUBYEK PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 27 January 2023. Download (176kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV HEGEMONI STATUS KESARSAJAAN DI KALANGAN MAHASISWA DAN LULUSAN PROGRAM SARJANA.pdf Restricted to Registered users only until 27 January 2023. Download (489kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V PROSES HEGEMONI STATUS KESARJANAANPADA MAHASISWA DAN LULUSAN PROGRAM SARJANA.pdf Restricted to Registered users only until 27 January 2023. Download (381kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
9. BAB VI PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 27 January 2023. Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 27 January 2023. Download (240kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu hal penting dalam suatu negara. Dikatakan penting untuk negara karena melalui pendidikan negara dapan mensosialisasikan dan mentransformasikan nilai dan norma yang ada dalam masyarakat dari generasi ke generasi. Demi melaksanakan pemerataan pendidikan, pemerintah melakukan berbagai upaya agar masyarakatnya dapat mengenyam pendidikan secara menyeluruh. Usaha yang dilakukan oleh pemerintah, secara tidak langsung memuncilkan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya pendidikan yang alah satunya ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang berminat masuk perguruan tinggi. Banyaknya siswa yang berminat masuk perguruan tinggi ini diduga karena adanya hegemoni status kesarjanaan yang menghegemoni para siswa. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses hegemoni status kesarjanaan yang terjadi pada mahasiswa dan lulusan program sarjana. Penelitian ini dilakukan di Universitas Airlangga. Metode penelitian yang digunakan digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, serta menggunakan teknik penentuan informan yaitu purposive. Informan yang diambil sebanyak 5 informan. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori hegemoni dari Antonio Gramsci. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terjadi proses hegemoni status kesarjanaan di Universitas Airlangga. Universitas Airlangga memberikan hegemoninya melalui lembaga universitas itu sendiri dan juga melalui masyarakat. Hegemoni yang menggunakan Universitas Airlangga adalah melalui sosialisasi kepada calon mahasiswa ketika akan mendaftarkan diri ke Universitas Airlangga. Selain pihak universitas yang melakukan sosialisasi terhadap calon mahasiswa,sosialisasi tentang dunia perkuliahan di Universitas Airlangga juga dilakukan oleh mahasiswa ataupun alumni dari Universitas Airlangga. Sedangkan menggunakan masyarakat adalah dengan membangun anggapan bahwa dengan menjadi sarjana masyarakat akan lebih sejahtera.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS. S. 40/15 Bul h | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Hegemoni, Status Kesarjanaan | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2366-2367.75 College examinations | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Yuliana Ariandini Ayuningtyas | ||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2020 07:37 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16054 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |