Pernikahan Campuran Dalam Komunitas Arab (Studi Tentang Penerimaan Keluarga Perempuan Arab Terhadap Pernikahan Campuran Di Sepanjang)

Jihan Suroyyah (2015) Pernikahan Campuran Dalam Komunitas Arab (Studi Tentang Penerimaan Keluarga Perempuan Arab Terhadap Pernikahan Campuran Di Sepanjang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (864kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (769kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (734kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (832kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II DESKRIPSI KOMUNITAS ARAB.pdf
Restricted to Registered users only until 24 February 2023.

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III PERNIKAHAN CAMPURAN DALAM KOMUNITAS ARAB DI SEPANJANG.pdf
Restricted to Registered users only until 24 February 2023.

Download (862kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 24 February 2023.

Download (823kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 24 February 2023.

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (733kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 24 February 2023.

Download (794kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena pernikahan campuran dalam komunitas Arab, yang menjadi permasalahan utama menyangkut tradisi dalam komunitas Arab ketika mereka memutuskan untuk menyatukan perbedaan kedalam sebuah pernikahan. Sebagaimana diketahui bahwa komunitas Arab memiliki prinsip dasar dalam tradisi pernikahan, yaitu pernikahan sekufu’ (sesama golongan arab) dengan maksud untuk pelestarian keturunan. Namun yang telah terjadi adalah adanya sebagian orang arab melakukan pernikahan campuran. Apabila seorang laki-laki yang melakukan pernikahan campuran dianggap tidak menjadi persoalan karena menganut garis keturunan ayah, sedangkan apabila perempuan arab yang melakukan pernikahan campuran dianggap menjadi persoalan tradisi. Merujuk pada latar belakang tersebut maka focus utama dalam penelitian ini adalah mengenai bagaimana proses pengambilan keputusan oleh perempuan Arab yang memutuskan melakukan pernikahan campuran, serta bagaimana proses penerimaan keluarga perempuan Arab terhadap pernikahan campuran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan tujuan yang bisa digunakan serta diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu juga mampu menjadi bahan diskusi dan dapat menelaah mengenai pernikahan campuran dalam komunitas Arab secara arif dan bijaksana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah perempuan arab ba’alwi (syarifah) yang menikah dengan laki-laki dari luar golongan ba’alwi atau non-sayid. Penentuan subyek penelitian ini menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam. Setting sosial adalah komunitas Arab yang berada di daerah Sepanjang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pilihan rasional, dimana terdapat dua elemen kunci yakni aktor dan sumber daya. Tindakan-tindakan yang dilakukan oleh aktor atau supaya untuk memenuhi tujuannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengambilan keputusan secara garis besarnya adalah dipengaruhi faktor lingkungan, lingkungan pergaulan yang heterogen yang dapat mengubah sudut pandang individu, juga lingkungan keluarga yang kurang memelihara norma. Dan proses penerimaan keluarga terhadap pernikahan campuran ini, didapati adanya reaksi penolakan juga hubungan yang merenggang antara perempuan Arab dengan keluarga besarnya setelah terjadinya pernikahan campuran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. S. 51/15 Sur p
Uncontrolled Keywords: Komunitas Arab, Pernikahan Campuran, Perempuan Arab
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7120-7197 Persons > K7155-7197 Domestic relations. Family law > K7157-7179 Marriage. Husband and wife
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Jihan SuroyyahNIM071114066
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarsoNIDN0014056804
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 17 Sep 2015 12:00
Last Modified: 24 Feb 2020 06:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16065
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item