Asimetri Wajah Pada Mahasiswa FISIP Universitas Airlangga Surabaya

Mariyana (2015) Asimetri Wajah Pada Mahasiswa FISIP Universitas Airlangga Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2016-mariyana-40359-7abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
326.gdlhub-gdl-s1-2016-mariyana-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Asimetri wajah dapat dijelaskan apabila terdapat salah satu ukuran sisi wajah yang lebih besar daripada yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan ukuran wajah antara laki-laki dan perempuan serta perbedaan ukuran sisi kanan dan kiri. Sampel yang diambil adalah mahasiswa terdiri dari 32 sampel laki-laki dan 30 sampel perempuan yang berumur 18-22 tahun yang sedang aktif mengikuti perkuliahan di FISIP Universitas Airlangga Surabaya. Variabel-variabel yang di ukur adalah 8 sagital landmark dan 13 bilateral landmark, yang terdiri dari: glabela (g), nasion (n), pronasal (prn), subnasal (sn), labiale superious (ls), labiale inferious (li), frontotemporale (ft), otobasion superiorious (ots), otobasion inferiorious (oti), alare (al), exocanthion (ex), endocanthion (en), palpebrale superiorus (ps), palpebrale inferiorus (pi), superaurale (sa), tragion (t), subaurale (sba), crista philtre (cph), cheilion (ch), stomion (sto), dan gnathion (gn) yang kemudian dibagi menjadi wajah atas dan bawah, serta diukur menggunakan caliper geser dengan berpatokan pada titik-titk kefalometri. Analisis menggunakan t-test untuk mendapatkan nilai rata-rata, standar deviasi, dan selisih rata-rata dari tiap-tiap variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan ukuran wajah antara laki-laki dan perempuan yang dibuktikan oleh lebih besarnya ukuran wajah pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan, serta terdapat perbedaan ukuran sisi kanan dan kiri wajah pada sampel laki-laki dan perempuan namun tidak signifikan yang dibuktikan dengan perbedaan selisih rata-rata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. ANT. 02/16 Mar a
Uncontrolled Keywords: ASYMMETRY; UPPER FACE; LOWER FACE; CEPHALOMETRY
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB3602-3640 School life. Student manners and customs
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
MariyanaNIM071211732037
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLucy Dyah HendrawatiNIDN0004116804
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 25 Feb 2016 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 06:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16127
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item