SYAWIR (Studi Kasus Mengenai Pendidikan di Pondok Pesantren Manbaul Hikam Desa Putat, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo)

Rani Rakhmawati (2015) SYAWIR (Studi Kasus Mengenai Pendidikan di Pondok Pesantren Manbaul Hikam Desa Putat, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2016-rakhmawati-40389-7.abstr-k.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
327.gdlhub-gdl-s1-2016-rakhmawati-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Syawir merupakan suatu kegiatan yang telah diwariskan dalam kebudayaan pedidikan podok pesantren Manbaul Hikam Desa Putat, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo. Metode Pendidikan pesantren dalam mengkaji beberapa kitab kuning itu terdiri dari empat metode, diantaranya Bandongan, Sorogan, Mudzakarah/Halaqah/Musyawarah. Syawirdigunakan sebagai salah satu metode pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren. Syawir dalam pelaksanaanya mengupas kajian isi dari kitab kuning tentang masalah ilmu Fiqih dan Alat. Kedua bidang ilmu tersebut menjadi suatu kajian pokok dalam tema pembahasan kegiatan syawir. menentukan pilihan ilmu fiqih secara sengaja dipilih dalam topik kegiatan syawir guna untuk acuhan praktik agama terkait berbagai bidang kehidupan mulai dari ekonomi, sosial, budaya dan politik. sebagai penunjang menguasai susunan kalimat dalam isi kitab kuning. Kajian ilmu selanjutnya adalah ilmu Alat, yang merupakan penunjang implementasi dari praktik penguasaan isi kiab kuning. Tanpa adanya salah satu dari kedua ilmu tersebut, maka praktik kegiatan syawir tidak dapat terlaksana secara efektif. Sebab kedua ilmu tersebut memberi kontribusi dalam eksistensi tradisi syawir yang kaitannya dalam perkembangan pendidikan pesantren. Tujuan adanya kegiatan syawir di pesantren adalah sebagai suatu representatif kemajuan pondok pesantren dalam mengamalkan fungsi tradisional para kyai, santri, ustadz dalam sebuah simbol otoritas keagamaan atau permasalahan keagamaan dalam praktek realita kehidupan di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. ANT. 03/16 Rak s
Uncontrolled Keywords: SYAWIR; BOARDING SCHOOL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB3602-3640 School life. Student manners and customs
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Rani RakhmawatiNIM071211731078
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi Setiawan, Drs. , MA.NIDN
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 26 Feb 2016 12:00
Last Modified: 19 May 2020 14:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16128
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item