Strategi Pedagang Pakaian Di Pasar Tp (Tugu Pahlawan) Pagi Kota Surabaya (Dalam Perspektif Moral Dan Rasional)

ARYO HERI WARTONO (2015) Strategi Pedagang Pakaian Di Pasar Tp (Tugu Pahlawan) Pagi Kota Surabaya (Dalam Perspektif Moral Dan Rasional). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (919kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (384kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 29 May 2023.

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III STRATEGI MORAL DAN STRATEGI RASIONAL PEDAGANG PAKAIAN DALAM MENGATASI PERSOALAN.pdf
Restricted to Registered users only until 29 May 2023.

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only until 29 May 2023.

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pasar TP (Tugu Pahlawan) Pagi beroperasi pada pagi hari di tempat yang terbuka. Sekitar 80% pedagang di Pasar TP Pagi adalah pedagang pakaian. Sebagai suatu usaha yang telah menjadi sumber pendapatan, pedagang pakaian tidak luput dari berbagai persoalan. Persoalan tersebut diantaranya: 1) kurangnya modal; 2) tidak ada tempat untuk menyimpan peralatan dan barang dagangan; 3) kurangnya tenaga kerja; 4) persoalan kulakan meliputi: banyaknya model dan merek pakaian baru, dan tidak ada transportasi untuk mengambil pakaian bekas; 5) berjualan di Pasar TP Pagi, meliputi: hujan, naik turunnya permintaan pasar, tidak stabilnya harga pasaran; 6) tekanan struktural. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih satu tahun dari bulan Oktober 2014 hingga bulan Oktober 2015. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi moral dan strategi rasional pedagang pakaian Pasar TP Pagi dalam menghadapi persoalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori moral (James Scott, 1976) dan teori rasional (Popkin, 1979). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena dalam mencari data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara secara mendalam serta didukung dokumentasi pengambilan gambar. Hasil penelitian adalah strategi moral dan strategi rasional pedagang pakaian Pasar TP Pagi dalam mengatasi persoalan. 1) Strategi mengatasi modal diantaranya: a. Meminjam uang kepada kerabat; b. Meminjam uang ke bank. 2) Menitipkan peralatan dan barang dagangan kepada jasa penitipan. 3) Strategi ketenaga kerjaan diantaranya: a. Melibatkan tenaga kerja keluarga yang tidak dibayar; b. Menjalin relasi dengan sesama pedagang. 4) Strategi kulakan pakaian diantaranya: a. Menjalin relasi dengan agen; b. Membeli pakaian baru yang sedang tren; c. Menggunakan jasa pengiriman untuk mengambil pakaian bekas. 5) Strategi berjualan di Pasar TP Pagi diantaranya: a. Menutup lapak apabila turun hujan; b. Menyiasati permintaan; c. Ada kesepakatan harga. 6) Mengatasi tekanan struktural meliputi: a. Membentuk kepengurusan Pasar TP Pagi; b. Membayar iuran kebersihan; c. Menaati peraturan. Kepercayaan pedagang meliputi: a. Kepercayaan bahwa rezeki Tuhan Yang Mengatur; b. Mendatangi Kyai; c. Melakukan ziarah ke makam wali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. ANT. 14/16 War s
Uncontrolled Keywords: Pasar Pagi, Pedagang Pakaian, Persoalan, Strategi Moral, Strategi Rasional
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
ARYO HERI WARTONONIM071017022
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRustinsyahNIDN0005125804
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 02 Mar 2016 12:00
Last Modified: 01 Jun 2020 02:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16132
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item