STRATEGI EKSISTENSI KOMUNITAS JARINGAN GUSDURIAN JOMBANG

RISKA FARIDA, 071211731082 (2016) STRATEGI EKSISTENSI KOMUNITAS JARINGAN GUSDURIAN JOMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Komunitas Jaringan Gusdurian Jombang merupakan sebuah komunitas para pecinta Gus Dur yang memiliki tujuan untuk meneruskan dan memperjuangkan sembilan nilai-dasar pemikiran Gus Dur. Artikel ini membahas mengenai "Strategi Eksistensi Komunitas Jaringan Gusdurian Jombang" yang bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang dilakukan oleh komunitas tersebut dalam menjaga eksistensinya. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi pustaka serta dokumentasi. Pada strategi eksistensi yang dilakukan komunitas Jaringan Gusdurian Jombang ditemukan terdiri dari empat pokok.Pertama, memanfaatkan media sosial, para Gusdurian Jombang dibantu Seknas Gusdurian menggunakan media sosial yang dimiliki untuk menyebar luaskan informasi kegiatan komunitas Jaringan Gusdurian Jombang seperti WA, Line, Facebook juga twitter. Kedua, peran tokoh masyarakat.Para angggota Gusdurian Jombang yang menjadi aktivis ataupun tokoh juga ikut memperkenalkan komunitas Jaringan Gusdurian Jombang alam berbagai kegiatan yang diikuti. Ketiga, menjalin relasi dengan pihak kepentingan lain seperti dengan INTI (Indonesia Tionghoa) Jombang, GKI (Gereja Kristen Indonesia) Jombang, media massa serta Lembaga Kepolisian Jombang. Keempat, mengadakan kegiatan, terdapat empat jenis kegiatan yang diadakan yakni kegiatan kaderisasi melalui Kelas Pemikiran Gus Dur (KPG), advokasi, seminar atau diskusi dan aksi peduli pada isu nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. ANT. 25/16 Far s
Uncontrolled Keywords: COMMUNITIES-RELIGIOUS ASPECTS-ISLAM
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
RISKA FARIDA, 071211731082UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRustinsyah, Dr. , Dra., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 02 Mar 2016 12:00
Last Modified: 20 Jul 2016 04:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16150
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item