PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PELATIHAN TERHADAP TINGKAT EFEKTIVITAS PELATIHAN (Studi Eksplanatif tentang Pengaruh Derajat Kemampuan Pelatih, Kesesuaian Materi Pelatihan, Kesesuaian Metode Pelatihan, Kelayakan Sarana Pelatihan dan Karakteristik Peserta Pelatih

RIRIT KURNIA SARI, 070610214 (2011) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PELATIHAN TERHADAP TINGKAT EFEKTIVITAS PELATIHAN (Studi Eksplanatif tentang Pengaruh Derajat Kemampuan Pelatih, Kesesuaian Materi Pelatihan, Kesesuaian Metode Pelatihan, Kelayakan Sarana Pelatihan dan Karakteristik Peserta Pelatih. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-saririritk-20187-fisan1-k.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-saririritk-16937-fisan1-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Program pelatihan “Pelayanan Prestasi” merupakan salah satu program PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Besar Surabaya untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusia pegawai frontliner yang berbasis pada peningkatan mutu pelayanan. Permasalahan penelitian ini adalah apakah faktor-faktor pelatihan secara bersama-sama dan signifikan berpengaruh terhadap tingkat efektivitas pelatihan. Untuk menjawab permasalahan penelitian tersebut, peneliti menggunakan teori dari Schuler et al yang menyebutkan bahwa untuk mencapai tujuan dari program pelatihan harus mempertimbangkan faktor-faktor dalam pelatihan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan tipe penelitian eksplanatif, dengan sampel peserta pelatihan berjumlah 35 responden melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi serta analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 16.0. Pokok-pokok hasil penelitian ini adalah faktor-faktor pelatihan secara bersama-sama dan signifikan berpengaruh terhadap tingkat efektivitas pelatihan. dengan hasil regresi menunjukkan nilai R square adalah 81.4 %. Program pelatihan pelayanan prestasi termasuk dalam kategori efektif, hal ini ditunjukkan dengan indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Kantor Pos Besar Surabaya yang semakin meningkat serta prestasi Kantor Pos Besar Surabaya sebagai Runner-Up dalam Penghargaan dari Walikota Surabaya dalam “Surabaya Service Exellence Award 2010”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis AN 12 /11 Sar p
Uncontrolled Keywords: EMPLOYEES - TRAINING OF
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3440-3460 Civil service. Government officials and employees
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
RIRIT KURNIA SARI, 070610214UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJusuf Irianto, Prof. Dr. H., Drs., M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 13 Oct 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 02:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16158
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item