POLITIK LUAR NEGERI ARGENTINA DI BAWAH PEMERINTAHAN NESTOR KIRCNER DALAM SENGKETA KEPULAUAN FALKLAND (MALVINAS )

ADINDA PERMATA AYUNINGTYAS, 070912039 (2013) POLITIK LUAR NEGERI ARGENTINA DI BAWAH PEMERINTAHAN NESTOR KIRCNER DALAM SENGKETA KEPULAUAN FALKLAND (MALVINAS ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-ayuningtya-25706-11.abst-k.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16177.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menelaah politik luar negeri Argentina di bawah pemerintahan Nestor Kirchner terkait sengketa Kepulauan Falkland (Malvinas). Penelitian ini didasari pada perbedaan kebijakan yang diambil Argentina terkait sengketa Kepulauan Falkland (Malvinas). Dalam era pemerintahan Carlos Menem, Argentina memiliki sovereignty umbrella dengan Inggris yang berisi kesepakatan untuk tidak membawa isu Kepulauan Falkland (Malvinas) dalam hubungan bilateral kedua negara. Namun ketika Nestor Kirchner menjabat sebagai presiden, Argentina mulai kembali mengangkat isu Kepulauan Falkland (Malvinas) dan mengabaikan sovereignty umbrella. Perbedaan politik luar negeri yang diambil Argentina merupakan permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu mengapa Argentina di bawah pemerintahan Nestor Kirchner memilih untuk melakukan pengklaiman kembali Kepulauan Falkland (Malvinas). Permasalahan tersebut dianalisis menggunakan teori perubahan politik luar negeri dari Joakim Eidenfalk. Berdasarkan pendekatan teoritik yang digunakan, dapat dimunculkan argumentasi bahwa perubahan politik luar negeri Argentina disebabkan oleh faktor domestik yaitu birokrasi dan faktor eksternal yaitu organisasi regional OAS dan hubungan bilateral Argentina-Brazil. Dengan menggunakan studi pustaka dan analisis data, kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian eksplanatif ini mendukung argumentasi bahwa adanya pengaruh dari birokrasi Argentina, OAS serta hubungan bilateral Argentina-Brazil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FIS HI. 08/13
Uncontrolled Keywords: FOREIGN POLICY
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia > 6651 Political institutions and public administration (Asia,Africa, Australia, Pacific Area, etc.)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
ADINDA PERMATA AYUNINGTYAS, 070912039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI GEDE WAHYU WICAKSANA, S.IP, M.Si,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 22 Jul 2013 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 21:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16177
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item