PENGARUH PERAN UNITED NATIONS DEVELOPMENT PROGRAMME DALAM PENINGKATAN PARTISIPASI POLITIK PEREMPUAN DI INDONESIA (2006-2010)

OKI ASTRIANI, 070810511 (2013) PENGARUH PERAN UNITED NATIONS DEVELOPMENT PROGRAMME DALAM PENINGKATAN PARTISIPASI POLITIK PEREMPUAN DI INDONESIA (2006-2010). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-astrianiok-25818-12.abst-k.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-astrianiok-25818-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Partisipasi politik perempuan adalah prasyarat fundamental dalam memajukan kesetaraan gender dan demokrasi. Di negara demokratis seperti Indonesia pun, keterwakilan perempuan di parlemen dapat dikatakan tidak proporsional dengan jumlah penduduk perempuan. Dengan perbandingan penduduk perempuan dan laki-laki yang tidak jauh berbeda, perempuan seharusnya mendapatkan proporsi keterwakilan yang sama dengan keterwakilan laki-laki. Kurangnya partisipasi perempuan dalam politik berujung pada kurangnya perhatian terhadap isu-isu gender dalam proses perkembangan negara. Padahal, dapat dikatakan bahwa perempuan adalah tulang punggung perkembangan negara. Di Indonesia, telah banyak perundang-undangan yang mendukung partisipasi perempuan di politik. Dengan perundang-undangan tersebut, dapat dikatakan bahwa Indonesia telah memiliki instrumen untuk meningkatkan partisipasi politik perempuan. Oleh karena itu, yang dibutuhkan Indonesia adalah rekan-rekan untuk mengimplementasikan strategi pengembangan negara dengan undang-undang tersebut sebagai landasan hukumnya. Salah satu rekan penting tersebut adalah United Nations Development Programme (UNDP). Sebagai salah satu “agen perkembangan” di jaringan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), UNDP memilikikemampuan untuk membantu mendukung ribuan proyek pengembangan di seluruh dunia, salah satunya Indonesia. Program-program UNDP tersebut sekaligus bertujuan untuk mendukung tercapainya Millenium Development Goals (MDG), sebagai tujuan pengembangan global PBB. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan pengaruh UNDP dengan upaya peningkatan partisipasi politik perempuan di Indonesia selama kurun waktu lima tahun (2006 hingga 2010).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FIS HI. 15/13 Ast p
Uncontrolled Keywords: gender, gender mainstreaming, women, Indonesian, political participation, UNDP, MDGs, democratic governance
Subjects: J Political Science > JC Political theory > JC571-605 Purpose, functions, and relations of the state
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
OKI ASTRIANI, 070810511UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSartika Soesilowati, Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 23 Jul 2013 12:00
Last Modified: 08 Aug 2016 02:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16184
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item