TAHAPAN HUBUNGAN MENUJU PERNIKAHAN (COMMITED ROMANTIC RELATIONSHIP) PADA ETNIS ARAB DI KAMPUNG ARAB AMPEL, SURABAYA

FADHILLA, 070915105 (2013) TAHAPAN HUBUNGAN MENUJU PERNIKAHAN (COMMITED ROMANTIC RELATIONSHIP) PADA ETNIS ARAB DI KAMPUNG ARAB AMPEL, SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-fadhilla-29771-6.abstr-k.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-fadhilla-29771-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tahapan hubungan romantic relationship dari masa awal perkenalan hingga menuju pernikahan pada pasangan etnis Arab. Penelitian ini layak diteliti karena memiliki urgensi membahas hubungan romantic relationship yang terkait dengan aspek budaya, yaitu untuk melihat tahapan hubungan yang dilalui oleh pasangan etnis Arab. Hal ini karena belum ada penelitian atau data detail tentang tahapan hubungan romantic relationship yang terkait dengan aspek budaya Arab sebelumnya. Topik ini menarik untuk dibahas karena adanya fenomena hubungan romantic relationship pada pasangan etnis Arab. Mayoritas etnis Arab masih memegang teguh ajaran dalam Agama Islam dan tradisi yang berlaku di kalangannya. Selain itu peneliti juga melihat terdapat beberapa faktor yang mendasari proses pemilihan pasangan dalam etnis Arab. Pada penelitian ini digunakan teori mengenai komunikasi antar persona, tahapan dalam hubungan romantic relationship, culture and romantic relationship serta karakteristik etnis Arab di kampung arab Ampel. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan tipe penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah pasangan suami istri etnis arab yang berdomisili di Kampung Arab Ampel, Surabaya dan masih pada tahap awal perkawinan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah indepth interview. Hasil penelitian disimpulkan bahwa tahapan hubungan menuju pernikahan yang dilalui oleh pasangan etnis Arab di Ampel memiliki kekhasan tersendiri, baik dari cara pemilihan jodoh, proses kedekatan, cara berkomitmen dan pengambilan keputusan serta tata cara proses pelaksanaan pernikahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 03/14 Fad i
Uncontrolled Keywords: stages of a relationship, romantic relationship, ethnic arab, Ampel.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV3176-3199 Special classes. By race or ethnic group
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
FADHILLA, 070915105UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYuyun Wahyu Izzati, S.Sos., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 06 Feb 2014 12:00
Last Modified: 12 Aug 2016 03:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16221
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item