Strategi Individu yang Terlibat Cyber-Romantic Relationship (CRR) dalam Merespon Perselingkuhan pada Hubungannya

Maria Cyntia Candra Dewi, 071015077 (2013) Strategi Individu yang Terlibat Cyber-Romantic Relationship (CRR) dalam Merespon Perselingkuhan pada Hubungannya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-dewimariac-29794-6.abstr-k.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-dewimariac-29794-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi fenomena perselingkuhan antar individu yang terlibat dalam hubungan yang terjadi di internet – yang dalam penelitian ini kemudian disebut cyber-romantic relationship (CRR), khususnya mengenai bagaimana strategi individu dalam CRR merespon perselingkuhan dalam hubungannya. Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus, pada individu yang pernah mengalami fenomena perselingkuhan dalam CRR. Fenomena tersebut menarik untuk diteliti, mengingat minimnya riset khusus mengenai CRR, yang berbanding terbalik dengan semakin umumnya fenomena CRR. Penelitian khusus berfokus pada perselingkuhan karena perselingkuhan dianggap sebagai bentuk akhir dari pengkhianata yang dapat mengacaukan sistem sharing antar individu dalam hubungan, kepercayaan, rasa hormat, keyakinan antar individu. Sehingga, dampak dari pengkhianatan hubungan, secara otomatis akan mempengaruhi aspek psikologis individu mengenai pandangan terhadap hubungan itu sendiri, partner, serta diri sendiri. Sedangkan, respon terhadap perselingkuhan dalam konteks CRR tentu berbeda dengan RLR, mengingat interaksi dalam hubungan yang termediasi dalam CRR. Hasil penelitian yang diperoleh : strategi yang digunakan bervariasi pada tiap informan, yang kesemuanya merupakan strategi yang bersifat non-competitive, dipengaruhi oleh faktor kharakteristik hubungan dalam CRR, serta latar belakang sosial budaya dan kasus pada tiap informan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K. 04/14 Dew s
Uncontrolled Keywords: Cyber-Romantic Relationship
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Maria Cyntia Candra Dewi, 071015077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYUYUN WAHYU IZZATI SURYA, S.SOS, M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 10 Feb 2014 12:00
Last Modified: 12 Aug 2016 04:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16223
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item