PENERAPAN EVALUASI KEGIATAN MEDIA RELATIONS OLEH BAGIAN HUBUNGAN MASYARAKAT PEMERINTAH KOTA SURABAYA

YOHANA AMELIA LUMOINDONG, 070915008 (2013) PENERAPAN EVALUASI KEGIATAN MEDIA RELATIONS OLEH BAGIAN HUBUNGAN MASYARAKAT PEMERINTAH KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-lumoindong-29830-7.abstr-k.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-lumoindong-29830-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus penelitian ini adalah penerapan evaluasi kegiatan media relations (MR) oleh Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Penelitian ini signfikan karena masih sedikitnya penelitian penerapan evaluasi kegiatan MR dalam kajian humas pemerintah. Banyak penelitian yang mengkaji implementasi program MR tetapi tidak pada penerapan evaluasinya, antara lain Setiawan (2008), Boediarnie dan Septiani (2009), dan Subiantoro (2010). Sedangkan, pengukuran kegiatan MR penting dilakukan (Boediarnie dan Septiani 2009). Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan evaluasi kegiatan media relations oleh Bagian Humas Pemkot Surabaya. Tinjauan pustaka yang digunakan adalah Kegiatan MR dalam Instansi Pemerintah, Evaluasi Kegiatan MR dalam Instansi Pemerintah, Lingkup Evaluasi Kegiatan MR dalam Instansi Pemerintah, dan Metode Evaluasi Kegiatan MR dalam Instansi Pemerintah. Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, dan tipe penelitiannya yaitu deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan wawancara mendalam (in depth interview) kepada Kepala Bagian dan ketiga Kepala sub Bagian Humas Pemkot Surabaya, serta melakukan observasi terhadap data – data sekunder yang relevan. Hasil penelitian ini adalah Bagian Humas menerapkan evaluasi secara tidak komprehensif, yaitu hanya menghitung output saja. Dengan kata lain, Bagian Humas masih melihat kegiatan media relations sebagai hubungan yang terbatas antara humas dengan media massa saja. Penerapan evaluasi yang dilakukan menghitung biaya pelaksanaan, jumlah wartawan yang hadir dan menggunakan fasilitas newsroom, jumlah produksi materi publikasi, jumlah frekuensi pelaksanaan kegiatan, dan jumlah web visit serta jumlah pemberitaan positif mengenai Pemkot Surabaya di media cetak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K. 11/14 Lum p
Uncontrolled Keywords: Government Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
YOHANA AMELIA LUMOINDONG, 070915008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Ratna Sari, S.IP., M.Comms.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 12 Feb 2014 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 02:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16239
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item