STRATEGI COMMUNITY RELATIONS PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT.HOLCIM INDONESIA AREA TUBAN(STUDI STRATEGI DAN RESPON MASYARAKAT LOKAL TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT.HOLCIM INDONESIA AREA TUBAN)

HAIFA CHAIRUNNISA, 070810228 (2013) STRATEGI COMMUNITY RELATIONS PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT.HOLCIM INDONESIA AREA TUBAN(STUDI STRATEGI DAN RESPON MASYARAKAT LOKAL TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT.HOLCIM INDONESIA AREA TUBAN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-chairunnis-29884-7.abstr-k.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16246.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentan strategi community relations program Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT Holcim Indonesia area Tuban dan respon masyarakat terhadap program tersebut. Peneliti tertarik mengenai strategi CSR karena seiring dengan perkembangan dunia bisnis yang sangat kompetitif, perusahaan dituntut untuk mampu memelihara hubungan dengan masyarakat lokal yang sangat menentukan keberlanjutan eksistensi perusahaan. Konsep CSR merupakan salah satu bentuk pemeliharaan hubungan dengan publik perusahaan yang saat ini telah menjadi kewajiban bagi perusahaan dan telah diatur oleh UU No.40 Tahun 2007. PT.Holcim Indonesia sendiri merupakan perusahaan semen global yang baru saja membuka pabrik dan akan menambang di area Tuban. Sehingga bahasan ini menjadi penting untuk diteliti dan menganalisis bagaimana strategi CSR PT.Holcim Indonesia disusun dan direspon oleh masyarakat lokal. Untuk mengetahui bagaimana strategi CSR PT.Holcim Indonesia area Tuban disusun dan direspon oleh masyarakat lokal, peneliti melakukan penelitian survey deskriptif dengan data kualitatif karena memungkinkan untuk menggambarkan strategi dan respon masyarakat secara rinci. Untuk menggambarkan strategi ini peneliti menggunakan metode indepth interview. Peneliti menggambarkan secara detail mengenai strategi Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh PT. Holcim Indonesia untuk membina hubungan baik dengan masyarakat di sekitar perusahaan. Mulai dari penyusunan strategi hingga implementasi program CSR tersebut peneliti berdasarkan wawancara, data-data yang ditemukan di lapangan dan didukung teori dan konsep yang berkaitan dengan permasalahan penelitian ini serta tercapainya goal yang diinginkan dari program CSR tersebut. Setelah dilakukan penelitian, peneliti menemukan bahwa strategi Corporate Social Responsibility PT.Holcim Indonesia menggunakan strategi pembangunan berkelanjutan (sustainable development) yang berakar dari triple bottom line, dimana selain mengejar keuntungan (profit), perusahaan juga harus memperhatikan lingkungan (planet) dan terlibat pada pemenuhan kesejahteraan masyarakat (people). PT.Holcim Indonesia area Tuban termasuk kelompok yang telah melaksanakan strategi CSR yaitu ethical theories, di mana Holcim menempatkan CSR sebagai bagian dari kewajiban etis perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K. 13/14 Cha e
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2709-2930.7 Corporations
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
HAIFA CHAIRUNNISA, 070810228UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLiestyaningsih D., Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 17 Feb 2014 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 22:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16246
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item