KOHESIVITAS PENDUDUK ASLI DAN PENDATANG DALAM MULTIKULTURALISME (StudiDeskriptifmengenai Kedekatan Sosial antara Penduduk Asli dan Penduduk Pendatang di KelurahanSidotopoWetan)

Nurul Rhamadhani Yuasidha, 070914082 (2013) KOHESIVITAS PENDUDUK ASLI DAN PENDATANG DALAM MULTIKULTURALISME (StudiDeskriptifmengenai Kedekatan Sosial antara Penduduk Asli dan Penduduk Pendatang di KelurahanSidotopoWetan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-yuasidhanu-29890-8.abstr-k.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-yuasidhanu-29890-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kohesivitas Penduduk Asli dan Pendatang Dalam konteks Multikulturalismeadalah fenomena yang menarik untuk diteliti.Fenomena ini menghadapkan masyarakat pada hubungan interaksi antarapenduduk asli dan pendatang yang mana masih dianggap rawan akan timbulnya kesalah pahaman diantara individu dengan individu lainnya, individu dengan kelompok, serta kelompok satu dengan kelompok lainnya dalam konteks etnisitas. Fenomena hubungan interaksi ini digunakan sebagai metode untuk membangun kohesivitas antara penduduk asli dan penduduk pendatang.Penelitian ini difokuskan untuk menelitikohesivitas antara penduduk asli dan penduduk pendatang dan factor yang mendorong kohesivitas antara penduduk asli dan pendatang di Kelurahan Sidotopo Wetan. Dalam menjawab fokus penelitian tersebut peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif.Setting penelitian dilakukan di Kelurahan Sidotopo Wetan mengingat permasalahan yang ada belum pernah diungkapkan dalam studi akademik.Dalam menjelaskan kohesivitas antara penduduk asli dan pendatang dalam multikulturalisme di Kelurahan Sidotopo Wetan, dilakukan wawancara secara berstruktur dengan menggunakan koesioner yang didukung dengan pengamatan/observasi dilapangan guna mendukung analisis data.Sedangkan dalam teknik pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik Purposive.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori obyektifitas Emile Durkheim, dan Teori struktural fungsional Talcott Parson. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kohesivitas antara penduduk asli dan penduduk pendatang yang ada di Kelurahan Sidotopo Wetan terjadi atas dasar penduduk pendatang cukup memiliki rasa kedekatan terhadap penduduk disekitar lingkungan tempat tinggal, sehingga dapat membangun rasa kebersamaan. Factor yang mempengaruhi kohesivitas adalah hubungan interaksi, solidaritas social, komitmen, produktifitas , dan ketertarikan satu sama lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS S 06/14 Yua k
Uncontrolled Keywords: Relationship Interaction
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > GF125 Cities. Urban geography
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Nurul Rhamadhani Yuasidha, 070914082UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSepti Ariadi, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 17 Feb 2014 12:00
Last Modified: 26 Aug 2016 08:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16249
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item