Galuh Amithya Pradipta, 071116076 (2013) KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PROSES MENGEMBANGKAN LITERASI DINI PADA ANAK USIA PAUD DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-pradiptaga-29895-7.abstr-k.pdf Download (180kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-pradiptaga-29895-FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Anak usia PAUD atau anak yang berada pada masa golden ages adalah adalah masa dimana sel otak anak berkembang sangat cepat. Masa golden ages dialami seorang anak, ketika usianya berkisar antara 0-6 tahun. Pemberian stimulasi-stimulasi dari lingkungan akan mendorong kecerdasan otak anak. Untuk mencetak anak dengan kemampuan membaca yang baik, maka pemberian stimulasi harus diberikan sedini mungkin. Masa golden ages adalah masa paling ideal untuk menjadikan anak menjadi pembaca aktif. Untuk menjadikan anak menjadi sosok pembaca yang aktif dimasa depannya, maka lingkungan berperan penting utuk pertumbuhan literasinya. Menurut penelitian, kemampuan literasi anak dibagi menjadi enam skills, antara lain: Print motivation, phonological awareness, vocabulary, narrative skills, print awareness dan letter knowledge untuk menumbuh kembangkan literasi pada anak, maka perlu peran serta orang tua untuk menstimulasi perkembangan literasinya. Peran orang tua adalah penting, karena keluarga merupakan bentuk sosialisasi primer bagi anak. selain keterlibatan, pola asuh yang baik,juga diperlukan untuk menunjang keberhasilan upaya orang tua dalam mengembangkan literasi anaknya.Berdasarkan hasil penelitian yang diteliti oleh peneliti pada responden di Surabaya, terbukti bahwa teori yang mengatakan bahwa upaya orang tua dan pola pengasuhan yang baik akan menghasilkan hasil positif berupa perkembangan skills literasi anak. seperti misalnya, intensitas orang tua dalam berinteraksi dengan anak. setelah dihubungkan, ternyata tingkat komunikasi antara orang tua dan anak yang tinggi akan membuat anak memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, selain itu, perbendaharaan kosa kata anak menjadi banyak sehingga pemahaman anak tentang alur cerita menjadi baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS IIP. 05/14 Pra k | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Literacy, Golden ages, Parents, Nurture | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1139.2-1139.5 Early childhood education |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mrs. Djuwarnik Djuwey | ||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2014 12:00 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2019 04:26 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16252 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |