PEMANFAATAN UANG GANTI RUGI LAHAN PERTANIAN (Studi Kasus Pembangunan Jalan Tol di Desa Kedunglosari, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang)

WAHYU PRABOWO PUTRA, 071017067 (2013) PEMANFAATAN UANG GANTI RUGI LAHAN PERTANIAN (Studi Kasus Pembangunan Jalan Tol di Desa Kedunglosari, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-putrawahyu-29930-8.abstr-k.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-putrawahyu-29930-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proyek pembangunan jalan tol Mojokerto–Kertosono dalam pelaksanaannya melewati lahan pertanian, pekarangan, rumah, maupun tanaman yang berada di atas tanah milik penduduk desa yang mayoritas bekerja sebagai petani. Mereka harus melaksanakan kebijakan dari pemerintah, dengan cara melepas hak atas tanah yang dimiliki. Padahal tanah yang selama ini dijadikan sebagai lahan pertanian merupakan sumber mata pencaharian oleh petani. Melalui pembebasan lahan yang dilakukan oleh pemerintah, petani mendapatkan hasil ganti rugi berupa uang sesuai dengan besarnya luas lahan maupun bangunan. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini dilakukan pada salah satu wilayah yang dilewati proyek pembangunan jalan tol Mojokerto - Kertosono yaitu di Desa Kedunglosari, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang. Rumusan penelitian yang kemudian muncul adalah Bagaimana upaya pemanfaatan uang ganti rugi serta alih usaha yang dilakukan petani Desa Kedunglosari pasca pembebasan lahan guna kepentingan pembangunan jalan tol. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data metode kualitatif. Pengumpulan data selain menggunakan teknik wawancara mendalam dan pengamatan didukung juga oleh data sekunder dari instansi pemerintah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa para petani yang ada di Desa Kedunglosari cenderung untuk beralih/bergeser profesi ke bidang pekerjaan lain di luar sektor pertanian. Pemberian uang ganti rugi yang dilakukan oleh pemerintah kepada para petani yang lahannya terkena proyek pembangunan jalan tol Mojokerto-Kertosono diharapkan dapat menjadi solusi. Pemberian uang ganti rugi lahan pertanian dimanfaatkan oleh para petani untuk beberapa keperluan diantaranya: 1) Deposit di bank, 2) Membeli sawah baru, 3) Memenuhi kebutuhan hidup, 4) Sebagai modal investasi usaha, 5) Diwariskan kepada keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT. 07/14 Put p
Uncontrolled Keywords: Pembangunan, Pedesaan, Petani, Pembebasan Lahan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > GF125 Cities. Urban geography
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
WAHYU PRABOWO PUTRA, 071017067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPudjio Santoso, Drs., M.SosioUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 19 Feb 2014 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 07:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16282
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item