MAKNA PERPUSTAKAAN SEKOLAH (Studi Fenomenologi tentang Makna Perpustakaan Sekolah Oleh Kepala SMA Negeri di Kabupaten Jember)

FINISH RIMBI KAWINDRA (2013) MAKNA PERPUSTAKAAN SEKOLAH (Studi Fenomenologi tentang Makna Perpustakaan Sekolah Oleh Kepala SMA Negeri di Kabupaten Jember). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Makna Perpustakaan sekolah (Studi Fenomenologi tentang Makna perpustakaan sekolah oleh Kepala SMA Negeri di kabupaten Jember) merupakan judul dari penelitian ini, dimana isi dari penelitian ini mengenai bagaimana Kepala Sekolah sebagai pimpinan dan pemegang kuasa tertinggi di Sekolah memberikan gambaran tentang perpustakaan. Dengan memberikan gambaran dan pendapat tentang perpustakaan nantinya akan mempengaruhi kebijakan yang muncul untuk perpustakaan itu sendiri. Penelitian ini berangkat dari permasalahan bahwa perpustakaan sekolah di daerah khususnya di Kabupaten Jember masih banyak kekurangan dari segi sarana, koleksi, pengadaan hingga pengelolaannya. Hal tersebut secara langsung merupakan tanggung jawab pemimpin dari masing – masing SMA Negeri tersebut. Sehingga dapat diketahui bahwa kebijakan yang maksimal diawali dari pemahaman yang baik dari kepala sekolah tersebut. Kerangka pemikiran berpedoman pada teori konstuksi sosial Peter L. Berger dan T. Luckman dimana dalam mengkonsepsi sebuah makna selalu berpijak pada kenyataan obyektif, kenyataan simbolik dan kenyataan subyektif. Kenyataan obyektif ini akan mempengaruhi kembali kenyataan subyektif melalui proses internalisasi yang tidak terlepas dari proses sosialisasi yang berpengaruh terhadap proses eksternalisasi pada nantinya. Sehingga dapat melahirkan pemahaman terkait apa yang telah dan akan dilakukan kepala sekolah dalam kenyataan simbolik pada perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi yang berusaha mengungkap makna pada dunia keberpengalaman informan di balik kesadaran. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan seluruh informan yakni 15 Kepala SMA Negeri di kabupaten Jember.Proses pengumpulan data menggunakan indept interview, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menghasilkan 2 tipologi yakni Tipe Professionally Staff Member dan Tipe Deserter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP. 20/14 Kaw m
Uncontrolled Keywords: social construction
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM706 Social structure
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
FINISH RIMBI KAWINDRAUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Fitriyah Mannan, S.Sos., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 26 Feb 2014 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 01:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16301
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item