ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP LAYANAN DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH KABUPATEN LAMONGAN

WANDA FATHONI PUTRA, 070916014 (2013) ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP LAYANAN DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH KABUPATEN LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-putrawanda-30038-7.abstr-k.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-putrawanda-30038-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan publik dalam dewasa ini tak bisa lepas dari kehidupan masyarakat. Pelayanan publik merupakan pelayanan yang diberikan oleh pemerintah bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu bentuk pelayanan publik yang diberikan pemerintah adalah keberadaan perpustakaan umum di setiap daerah. Pemenuhan kebutuhan informasi dan pendidikan oleh masyarakat juga akan terbantu dengan adanya perpustakaan umum daerah. Keberadaan perpustakaan umum daerah diharapkan pula mampu meningkatkan rasa gemar membaca bagi kalangan masyarakat. Oleh karena itu melalui penelitian ini penulis ingin mengukur dan mengetahui kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lamongan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang indeks kepuasan masyarakat (IKM) dengan mengacu pada empat belas indikator yang digunakkan untuk mengukur indeks kepuasan masyarakat. Peneliti menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pengambilan sampel secara purposive. Dengan menyebar kuesioner kepada responden sebanyak 90 orang. Dari hasil analisis data diketahui bahwa angka indeks kepuasan masyarakat di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lamongan adalah 72,57 dengan predikat Baik. Empat belas unsur yang menjadi indikator indeks kepuasan masyarakat semuanya mendapatkan predikat Baik. Namun dengan hasil tersebut diharapkan untuk tidak terlalu cepat untuk berpuas diri, karena dalam penelitian yang telah dilakukan, peneliti juga menemukan permasalahan yang tidak bisa dianggap sepele. Oleh karenanya perlu untuk diadakan perbaikan terhadap kekurangan pelayanan yang ada di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lamongan demi kepuasan masyarakat kedepanya dalam mengakses dan memanfaatkan keberadaan perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP. 21/14 Put a
Uncontrolled Keywords: Public Satisfaction Index , Library , Public Services
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
WANDA FATHONI PUTRA, 070916014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDyah Puspitasari., S. Kom.,M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 26 Feb 2014 12:00
Last Modified: 05 Sep 2016 05:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16302
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item