Motivasi Karir Profesi Pustakawan dan Non Pustakawan Lulusan Program Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan (STudi deskriptif tentang peprbandingan motivasi karir pada lulusan Program Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Airlangga di dunia kerja)

ALIFFIA CAHYANI, 071016027 (2013) Motivasi Karir Profesi Pustakawan dan Non Pustakawan Lulusan Program Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan (STudi deskriptif tentang peprbandingan motivasi karir pada lulusan Program Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas Airlangga di dunia kerja). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-cahyaniali-30044-5.abstr-k.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16308.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembahasan mengenai motivasi karir seringkali dikaitkan dengan dunia kerja. Dunia kerja yang semakin kompetitif menjadikan kebutuhan input SDM yang berkualitas. Hal tersebut dilihat sebagai tantangan oleh program studi ilmu informasi dan perpustakaan untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten pada dunia kerja. Idealnya program studi ini menghasilkan seorang profesional bidang kepustakawanan ataupun pengelola informasi. Namun realitas yang terjadi justru banyak lulusan program studi yang tidak berprofesi sebagai pustakawan. Rendahnya apresiasi terhadap profesi pustakawan menjadi salah satu faktor pendorong lulusan berpofesi diluar bidang kepustakawanan (non pustakawan). Meskipun tidak sedikit pula lulusan program studi yang tetap memilih berprofesi sebagai putakawan dan mengembangkan keilmuann di bidang kepustakawanan. Dasar teori yang digunakan pada penelitian ini adalah career motivation dari Manuel London (1983), yang terdiri dari dimensi career insight, career identity dan career resilience. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner pada 35 orang responden profesi pustakawan dan 35 orang responden profesi non pustakawan. Penelitian ini bertujuan menggambarkan perbandingan motivasi karir antara profesi pustakawan dan non pustakawan lulusan program studi ilmu informasi dan perpustakaan Universitas Airlangga ditinjau dari karakteristik individu yaitu career insight, career identity dan career resilience. Hasil penelitian ini menunjukkan motivasi karir responden profesi pustakawan dan non pustakawan relatif sama, yaitu termasuk pada kategori memiliki motivasi karir yang tinggi. Namun hasil probing jawaban, menghasilkan kesimpulan perbandingan motivasi karir antara profesi pustakawan dan non pustakawan lulusan program studi ilmu informasi dan perpustakaan sangat terkait dengan karakteristik pribadi individu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP. 27/14 Cha m
Uncontrolled Keywords: nformation and Library Sciences
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
ALIFFIA CAHYANI, 071016027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNove Eka Variant Anna, NIDN. 0008117802UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 26 Feb 2014 12:00
Last Modified: 25 Jul 2019 01:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16308
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item