LANSIA DI PANTI WERDH (Studi Deskriptif Mengenai Proses Adaptasi Lansia Di Panti Werdha Hargo Dedali Surabaya)�

ANNISYA MURTI ARIYANI, 071017053 (2013) LANSIA DI PANTI WERDH (Studi Deskriptif Mengenai Proses Adaptasi Lansia Di Panti Werdha Hargo Dedali Surabaya)�. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-ariyaniann-30100-7.abstr-k.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-ariyaniann-30100-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Panti werdha dewasa ini telah menjadi salah satu alternatif tempat tinggal bagi lansia. Kesibukan anggota keluarga yang semakin tinggi serta adanya perubahan pola hidup keluarga di kota besar dari extended family menjadi nuclear family, memperkuat alasan lansia untuk tinggal di panti werdha. Panti werdha dipilih karena dianggap mampu memenuhi berbagai kebutuhan lansia misalnya perawatan kesehatan dari tenaga profesional, serta adanya pelayanan intensif dari pengurus panti werdha. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana lansia beradaptasi dengan aspek sosio- kultur di panti werdha. Penelitian ini dilakukan pada Oktober – Desember 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui (1) observasi, yaitu mengamati kegiatan di panti werdha (2) indepth interview, yaitu melakukan wawancara dengan lansia, perawat dan pengurus di panti werdha. Dalam menganalisis data penelitian ini, menggunakan konsep adaptasi manusia dan dua teori mengenai lansia yaitu teori penarikan diri dan teori aktivitas. Konsep dan teori yang digunakan pada penelitian ini sesuai dengan objek penelitian yaitu panti werdha dan lansia yang melakukan adaptasi di dalamnya. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) alasan lansia tinggal di panti werdha mempengaruhi tingkat keberhasilan adaptasi yang dilakukan (2) pada lansia yang tinggal di panti werdha karena keinginan sendiri beralasan bahwa tidak ingin merepotkan keluarga yang sibuk, sedangkan lansia yang tinggal di panti werdha bukan karena keinginannya cenderung tidak bisa menerima keberadaannya (3) Permasalahan yang ada di panti werdha misalnya perbedaan karakter dengan sesama lansia akan dihadapi secara berbeda. Bagi yang mampu beradaptasi dengan baik akan memhami adanya perbedaan tersebut, sedangkan yang tidak dapat beradaptasi dengan baik akan menganggap adanya perbedaan tersebut sebagai suatu masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT.14/14 Ari l
Uncontrolled Keywords: Elderly, Adaptation, Nursing Home
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
ANNISYA MURTI ARIYANI, 071017053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Joko Sri Haryono,, Drs., M. SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 03 Mar 2014 12:00
Last Modified: 06 Sep 2016 04:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16323
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item