MAKNA SIMBOLIK RITUAL NGOBUR TAMONI(STUDI ETNOGRAFI RITUAL NGOBUR TAMONI DI KELURAHAN PAJAGALAN, KECAMATAN KOTA, KABUPATEN SUMENEP)

ALI ZAINAL ABIDIN, 070810433 (2013) MAKNA SIMBOLIK RITUAL NGOBUR TAMONI(STUDI ETNOGRAFI RITUAL NGOBUR TAMONI DI KELURAHAN PAJAGALAN, KECAMATAN KOTA, KABUPATEN SUMENEP). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-abidinaliz-30109-6.abstr-k.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-abidinaliz-30109-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masyarakat Eropa memandang plasenta atau tali pusar hanya sebatas organ yang membantu bayi ketika berada di dalam kandungan ibunya. Setelah bayi terlahir maka fungsinya tidak ada lagi, akan dibuang bersama dengan sampah medis lainnya. Pandangan dan perlakuan masyarakat Eropa ini berbeda dengan masyarakat Kelurahan Pajagalan, Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep melalui sebuah ritual tradisional yang bernama Ngobur Tamoni. Untuk itu dilakukan penelitian mengenai ritual tradisional ini dengan menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematik, akurat, dan mendalam mengenai fenomena tersebut. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, bahwa masyarakat di Kelurahan Pajagalan, Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep menganggap plasenta adalah saudara dari bayinya yang telah menjaga dan menyertai bayinya ketika berada di dalam kandungan ibunya, maka dari itu harus dihormati dan diperlakukan khusus. Kedua, prosesi, tata rias, dan perlengkapan yang ada di dalam ritual tradisional ini merupakan wujud dari doa dan harapan orangtua kepada Tuhan untuk kebaikan anaknya. Ketiga, ritual tradisional ini mengalami beberapa perubahan dan perkembangan dalam prosesi, tata rias, dan perlengkapannya dikarenakan perkembangan zaman dan keinginan dari dalam diri manusia yang melakukan ritual tradisional ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT. 21/14 Abi m
Uncontrolled Keywords: Placenta, Traditional Ritual Ngobur Tamoni
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB400 Ritual law. Religious observances and rituals
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
ALI ZAINAL ABIDIN, 070810433UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Joko Sri Haryono, Drs. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 03 Mar 2014 12:00
Last Modified: 06 Sep 2016 07:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16330
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item