STUDI EVALUASI DAMPAK KEBIJAKAN KONSERVASI BANGUNAN CAGAR BUDAYA DI KOTA SURABAYA

MUHAMMAD FIKRI FIRMANSYAH, 070710226 (2013) STUDI EVALUASI DAMPAK KEBIJAKAN KONSERVASI BANGUNAN CAGAR BUDAYA DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-firmansyah-30228-9.abstr-i.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-firmansyah-30228-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian bagaimana imlementasi kebijakan konservasi serta dampak dari kebijakan konservasi dan evaluasi kebijakan konservasi bangunan cagar budaya di Kota Surabaya, yang kemudian melatar belakangi penelitian ini,berdasarkan fakta empiris, bahwasanya banyaknya bangunan-bangunan tua (cagar budaya) yang terbengkalai dan tidak terawat. jika dirawat akan menjadi bangunan yang memiliki ciri khas dan menjadi identitas kota sebagai bukti sejarah. Fakta itu yang mendasari pemerintah Kota Surabaya berusaha melakukan pelestarian. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti memakai metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dan selanjutnya berkembang dengan menggunakan teknik snowball. Data diperoleh melalui proses observasi dan wawancara mendalam, serta memanfaatkan sumber data dokumen dan penelusuran data online. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Analisis dan interpretasi data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia baik yang diperoleh melalui wawancara mendalam maupun pemanfaatan sumber data dokumen, kemudian dipilah-pilah, dikombinasikan dan dikelompokkan atau dikategorikan serta menetapkan serangkaian keterkaitan data tersebut. Hasil yang didapatkan dari kesimpulan ini menunjukkan bahwa kebijakan konservasi bangunan cagar budaya di Kota Surabaya belum berjalan maksimal. Ini dapat dilihat dari minimnya sumber daya manusia dan masih ada bangunan yang belum mengalami konservasi. Sehingga banyak bangunan cagar budaya yang tidak terurus dan terancam rusak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN. 32/14 Fir s
Uncontrolled Keywords: POLICY IMPLEMENTATION
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8111-8123 Government policy. State supervision
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD FIKRI FIRMANSYAH, 070710226UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGITADI TEGAS S., DRS. ,M.siUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 06 Mar 2014 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 03:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16344
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item