RIZKA NURSA'ADAH, 070810732 (2012) PENGARUH SIMPLIFIKASI PROSEDUR PELAYANAN PELANGGAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PELAYANAN PERPANJANGAN SURAT IJIN MENGEMUDI (SIM) di SIM CORNER KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-nursaadahr-26325-9.abstr-i.pdf Download (284kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-nursaadahr-26325-1.FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan penelitian yaitu simplifikasi prosedur pelayanan pelanggan terhadap tingkat kepuasan pelanggan pelayanan perpanjangan surat ijin mengemudi di SIM Corner kota Surabaya. Penelitian ini mengambil lokasi di SIM Corner tunjungan plaza kota Surabaya. Yang melatarbelakangi fenomena simplifikasi prosedur pelayanan di SIM Corner ialah banyaknya keluhan pelanggan perpanjangan surat ijin mengemudi yang merasa prosedur dan alur yang harus dijalani terlalu rumit dan berbelit – belit sehingga membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit hanya untu sebuah perpanjangan masa berlaku surat ijin mengemudi, namun dengan adanya inovasi baru dari polri yaitu SIM Corner yang prosedurnya mengalami simplifikasi nyata memberikan banyak kemudahan bagi para pelanggan dalam melakukan kegiatan perpanjangan surat ijin mengemudi. Dengan adanya SIM Corner pelanggan dimudahkan dengan lokasinya yang mudah dijangkaun alur yang tidak berbelit – belit, pelayanan yang cepat dan juga tidak adanya calo yang berkeliaran di lokasi pelayanan. Jumlah pelanggan di SIM Corner mengalami peningkatan setiap tahunnya Sehingga dari permasalahan tersebut penelitian ingin mengukur pengaruh antara kedua variabel tersebut, yaitu simplifikasi prosedur pelayanan pelanggan terhadap tingkat kepuasan pelanggan pelayanan perpanjangan surat ijin mengemudi di SIM Corner kota Surabaya Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan kegiatan perpanjangan surat ijin mengemudi di SIM Corner. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu Pertama data primer diperoleh melalui wawancara terstruktur dengan menggunakan kuesioner. Kedua, data sekunder diperoleh dari sumber kedua atau sumber yang dibutuhkan. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa regresi linier sederhana, yaitu suatu uji statistik yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dua variabel. Dari hasil analisa diperoleh kesimpulan bahwa simplifikasi prosedur pelayanan pelanggan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan pelayanan perpanjangan surat ijin mengemudi di SIM Corner . Besarnya pengaruh variabel signifikansi penghargaan lingkungan hidup adalah rendah dengan nilai sebesar 39,2% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis.AN 03/13 Nur p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | kepuasan pelanggan | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | shiefti dyah alyusi | ||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2013 12:00 | ||||||
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:01 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16373 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |