INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI UPTD TERMINAL PURABAYA-BUNGURASIH KOTA SURABAYA

RINA MEI MIRNASARI, 070810547 (2013) INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI UPTD TERMINAL PURABAYA-BUNGURASIH KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-mirnasarir-26426-6.abstr-s.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-mirnasarir-26426-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Inovasi pelayanan publik merupakan suatu keharusan dimiliki oleh sebuah perusahaan maupun dinas-dinas pemerintahan. Konsep inovasi sebagai basis keunggulan bersaing merupakan konsep yang dibahas dan dikembangkan di sektor bisnis pada dekade terakir ini. Kajian inovasi dikembangkan seiring dengan upaya menjaga dan bahkan mengembangkan kemampuan bersaing (competitive advantage) sebuah organisasi. Inovasi pelayanan publik telah banyak berkembang di Indonesia seiring berjalannya otonomi daerah. Terminal adalah salah satu tempat pelaksanaan pelayanan transportasi. UPTD Terminal Purabaya-Bungurasih merupakan salah satu UPTD Terminal yang ada di Surabaya di bawah naungan Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Untuk mengambangkan kemampuan bersaing, UPTD Terminal Purabaya- Bungurasih meluncurkan SmartCard yang di pasang pada bus yang beroperasi antar provinsi. SmartCard berguna untuk mempermudah mengecek kendaraan (bus) yang tak layak pakai. Penelitian ini menggunakan teori pelayanan publik, kualitas pelayanan publik, serta teori tentang inovasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, tipe penelitian deskriptif, lokasi penelitian berada di UPTD Terminal Purabaya- Bungurasih di Surabaya. Informan yang diambil dalam penelitian ini para Petugas Pemberi Pelayanan atau operator SmartCard dan para pengguna terminal. Untuk teknik penentuan informan bagi pemberi layanan menggunakan Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Kemudian menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah baha penerapan SmartCard sebagai inovasi yang dilakukan di UPTD Terminal Purabaya- Bungurasih telah sesuai guna meningkatkan pelayanan publik yang ada, meskipun masih perlu ditingkatkan pelayanannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN 06/13 Mir i
Uncontrolled Keywords: service quality, public service, innovation
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
RINA MEI MIRNASARI, 070810547UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 31 Jul 2013 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 04:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16387
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item