ANALISIS RESIKO POLITIK DALAM INVESTASI ROYAL DUTCH SHELL DI INDONESIA

MEUTIA SABRINA, 071012059 (2013) ANALISIS RESIKO POLITIK DALAM INVESTASI ROYAL DUTCH SHELL DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-sabrinameu-28053-9.abstr-k.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-sabrinameu-28053-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berisi analisis keputusan investasi Shell sebagai perusahaan migas multinasional sehingga memilih tahun 2005 sebagai tahun dimulainya ekspansi bisnis dari Shell di Indonesia secara masif. Bisa dikatakan masif karena terhitung sejak tahun 2005 Shell selalu berusaha untuk mengembangkan bisnisnya dengan jalan penambahan unit maupun bernegosiasi dengan pemerintah dan badan usaha lainnya untuk merambah sektor bisnis yang berbeda. Hal ini berbeda dengan pengembangan bisnis Shell di negara Asia Tenggara lainnya seperti misalnya Thailand, Singapura dan Malaysia karena Shell sudah masuk ke industri migas dalam kurun waktu yang cukup lama sehingga sudah memiliki posisi yang mapan. Penulis menggunakan analisis model investasi asing dan kaitannya dengan perhitungan return of investment perusahaan. Relasi keduanya memunculkan resiko politik sistemik dan non-sistemik dari host country sebagai faktor eksternal yang mempengaruhi perumusan keputusan invetasi Shell di Indonesia. Berdasarkan temuan hasil penelitian diperoleh kesimpulan Shell memilih tahun 2005 sebagai pintu masuknya investasi di Indonesia didasari oleh adanya perubahan orientasi dalam pengembangan industri migas Indonesia yang lebih liberal. Era Reformasi menghasilkan regulasi dan kerangka kerja yang membuka peluang bagi investasi Shell serta liberalisasi di bidang harga dan perdagangan migas. Persaingan antar pelaku bisnis juga menjadi kompetitif dengan status Pertamina yang hanya sebagai kontraktor seperti Shell. Stabilitas pemerintahan serta adanya akuntabilitas juga memberikan jaminan keamanan bagi aset bisnis perusahaan multinasional. Shell beradaptasi dengan dinamika ini melalui investasi di sektor hilir sebagai langkah pertamanya memasuki industri migas Indonesia. Lebih lanjut Shell juga memanfaatkan instrumen diplomasi Belanda sebagai home country dari Shell untuk dapat melancarkan pengembangan unit bisnis perusahaan. Hal ini menjadi penting karena jika melihat sejarah hubungan bilateral keduanya, aset bisnis Shell selalu menjadi objek aksi negatif pemerintah setiap ada konflik antara kedua negara. Dengan peningkatan kualitas hubungan maka tingkat uncertainty nilai aset dan investasi Shell bisa diminimalisir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI. 27/13 Sab a
Uncontrolled Keywords: INVESTASI ROYAL DUTCH SHELL
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4530 Investment companies. Investment trusts. Mutual funds
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
MEUTIA SABRINA, 071012059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Muttaqien, Ph.D, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 11 Nov 2013 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 08:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16396
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item