PENGAWASAN PENYELENGGARAAN RETRIBUSI PARKIR (Studi Deskriptif Tentang Pengawasan Penyelenggaraan Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya)

SUCI LESTARI, 070517837 (2013) PENGAWASAN PENYELENGGARAAN RETRIBUSI PARKIR (Studi Deskriptif Tentang Pengawasan Penyelenggaraan Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-lestarisuc-28347-6.abstr-k.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16484.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengawasan penyelenggaraan retribusi perlu dilakukan oleh Pemerintah Daerah dan dikelola dengan baik sehingga berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah. Namun demikian masih terdapat masalah dalam pengelolaan kegiatan retribusi parkir di tepi jalan umum dan kebocoran hasil retribusi sehingga target pendapatan setiap tahun tidak tercapai. Hal ini dikarenakan sering muncul di lapangan yaitu tarif parkir yang tidak sesuai dengan ketentuan dan penggunaan karcis parkir yang berulang-ulang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengawasan penyelenggaraan retribusi parkir di tepi jalan umum oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah narasumber dan arsip atau dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara dan studi dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Validitas data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya belum optimal, dikarenakan jumlah pegawai pengawasan retribusi parkir di tepi jalan umum yang dimiliki Dinas Perhubungan Kota Surabaya masih minim dan tidak sebanding dengan banyaknya lokasi titik parkir tepi jalan umum yang tersebar di wilayah Kota Surabaya, belum memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) sehingga dalam melaksanakan pengawasan pemungutan retribusi parkir di tepi jalan umum hanya mengacu pada Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Perhubungan Kota Surabaya, sumber daya keuangan dan kelengkapan sarana dan prasarana yang dimiliki Dinas Perhubungan Kota Surabaya belum mencukupi dan memadai serta jadwal pelaksanaan pengawasan sudah ada secara formal, namun pengawasan yang dilakukan hanya difokuskan pada titik lokasi yang dianggap rawan dan memiliki potensi retribusi yang besar, dan itu pun pelaksanaannya tidak dilakukan secara berkala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.37/13 Les p
Uncontrolled Keywords: RETRIBUSI PARKIR
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
SUCI LESTARI, 070517837UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEko Supeno, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2013 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 19:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16484
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item