STUDI DESKRIPTIF TENTANG EFEKTIVITAS SISTEM LELANG PENGADAAN BARANG DAN JASA DALAM GOVERNMENT RESOURCES MANAGEMENT SYSTEM (GRMS) UNTUK MENCEGAH KORUPSI BIROKRASI DI PEMERINTAH KOTA SURABAYA

Arif Rachman Hakim, 070911069 (2013) STUDI DESKRIPTIF TENTANG EFEKTIVITAS SISTEM LELANG PENGADAAN BARANG DAN JASA DALAM GOVERNMENT RESOURCES MANAGEMENT SYSTEM (GRMS) UNTUK MENCEGAH KORUPSI BIROKRASI DI PEMERINTAH KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-hakimarifr-28349-6.abstr-k.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
21.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan penelitian mengenai efektivitas sistem lelang pengadaan barang dan jasa dalam Government Resources Management System untuk mencegah korupsi birokrasi di Pemerintah Kota Surabaya. Hal ini merujuk pada kasus korupsi terutama dalam bidang pengadaan barang dan jasa yang terus meningkat. Meningkatnya kasus korupsi pada proses pengadaan dilatarbelakangi lemahnya pengawasan mengenai pengelolaan anggaran. Selain itu jumlah dan nilai anggaran yang digunakan untuk pengadaan barang dan jasa selalu meningkat setiap tahunnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pemilihan informan penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sementara itu, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam serta studi dokumentasi. Analisis data dilakukan pada saat pengumpulan data kemudian mereduksi data, menyajikan data, verifikasi dan menarik kesimpulan hasil penelitian. Selain itu, penelitian ini juga menguji keabsahan data yang diperoleh dengan beberapa cara yaitu membandingkan informasi/data dengan berbagai cara, menggali kebenaran informasi tertentu melalui berbagai metode dan sumber perolehan data, serta membandingkan informasi dengan teori yang relevan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem lelang pengadaan barang dan jasa dalam Government Resources Management System tidak efektif untuk mencegah korupsi birokrasi. Hal ini terjadi akibat masih adanya peluangpeluang korupsi pada pelaksanaan sistem lelang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.39/13 Hak s
Uncontrolled Keywords: SISTEM LELANG PENGADAAN BARANG DAN JASA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Arif Rachman Hakim, 070911069UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBintoro Wardiyanto, Dr., Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2013 12:00
Last Modified: 19 Aug 2016 07:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16486
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item