Strategi Pasangan Suami-Istri Mengkomunikasikan Bentuk Kemandirian pada Anak Tunarungu

WARDATUL BADI�AH, 071015087 (2014) Strategi Pasangan Suami-Istri Mengkomunikasikan Bentuk Kemandirian pada Anak Tunarungu. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-badiahward-30514-6.abstr-k.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini meneliti mengenai bagaimana strategi pasangan suami-istri mengkomunikasikan bentuk kemandirian pada anak tunarungu. Peneliti tertarik untuk meneliti hal tersebut karena dalam berkomunikasi satu sama lain saja seringkali sulit untuk dipahami oleh komunikan. Lalu bagaimana komunikasi yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya yang menyandang tunarungu? Penyandang tunarungu memiliki keterbatasan dalam mendengar, yang menyulitkan mereka untuk menangkap dan mengolah bunyi atau suara yang ada di sekitarnya dengan tepat dan berpengaruh pada perkembangan bicaranya. Adapun strategi yang digunakan oleh setiap orang tua tentu berbeda satu sama lain dan dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satunya adalah couple types pasangan. Tinjauan pustaka penelitian ini meliputi keluarga sebagai suatu sistem, couple types marriage pasangan suami-istri, role family functions, strategi komunikasi dan kemandirian pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Peneliti menggunakan in-depth interview dalam mengumpulkan data, dengan sasaran penelitian adalah pasangan suami-istri yang mempunyai anak penyandang tunarungu. Setelah melakukan penelitian, peneliti memperoleh sebuah hasil bahwa setiap pasangan mempunyai strategi masing-masing dalam mengkomunikasikan kemandirian pada anak tunarungu. Pasangan traditional, independent dan seperates mempunyai strategi yang beragam satu sama lain, dalam mengkomunikasikan kemandirian pada anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.20/14 Bad s
Uncontrolled Keywords: COUPLE TYPES
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ767.8-792.2 Children. Child development
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
WARDATUL BADI�AH, 071015087UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYuyun Wahyu Izati Surya, S.Sos., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 04:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16565
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item