MITOS IBU DALAM TAYANGAN REALITY SHOW IBU DI TRANS TV

AMANDA ANINDITA KIRANA, 070915045 (2014) MITOS IBU DALAM TAYANGAN REALITY SHOW IBU DI TRANS TV. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-kiranaaman-30552-6.abstr-k.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16582.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada mitos Ibu dalam tayangan reality show “Ibu” di Trans TV. Peneliti menggunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk menganalisis isi tayangan secara denotasi, konotasi dan mitos. Ibu yang digambarkan pada tayangan ini berperan dalam ranah domestik dan ranah publik. Ibu memiliki peran ganda yaitu mengurus rumah tangga dan juga mencari nafkah untuk keluarga. Penggambaran sosok kartini modern ditampilkan melalui tayangan reality show Ibu. Peneliti akan menganalisis opening scene dan salah satu episode “Ibu” yang berjudul Supir Angkot. Tayangan dengan format reality show ini berusaha untuk menciptakan realitas mengenai ibu berdasarkan kisah nyata. Reality Show Ibu ini juga menampilkan realitas kelas sosial bawah. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan bahwa tokoh Ibu dalam episode Supir Angkot merupakan seorang single parent yang bercerai dengan suaminya. Ibu tersebut bernama Ibu Titi yang berprofesi sebagai supir angkot dan penjual makanan. Ia berprofesi sebagai supir angkot layaknya kaum adam. Sebelumnya Ibu Titi telah melakukan beberapa jenis pekerjaan yaitu pengumpul barang bekas, kuli bongkar pasir dan belajar mengendarai truk. Domestifikasi peran ibu dan kehadiran peran ibu dalam ranah publik merupakan mitos ibu yang berusaha ditampilkan melalui tayangan reality show Ibu. Penggambaran kelas sosial bawah juga ditampilkan melalui setting tempat, rumah tinggal, pakaian dan pekerjaan yang ada dalam tayangan reality show Ibu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.37/14 Kir m
Uncontrolled Keywords: MITOS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL300-325 The Myth, Comparative Mythology
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
AMANDA ANINDITA KIRANA, 070915045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKandi Aryani, S.Sos., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2014 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 19:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16582
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item