ELYSA IFTITAHUS SHIDQIYAH, 070810455 (2014) Teknik-Teknik Komunikasi Pemasaran Anggota Komonshop Indonesia Melalui Social Media. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
Copy of gdlhub-gdl-s1-2014-shidqiyahe-30564-fis.k.49-t.pdf Download (202kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-shidqiyahe-30564-fis.k.49-t.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan internet dan teknologi yang semakin pesat memunculkan social media di dunia maya, saat ini hampir semua orang memiliki berbagai social media. Online Marketing merupakan kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media Internet. Seiring dengan perkembangan teknologi dan meningkatnya kebutuhan memunculkan konsep pemasaran baru. Para pemasar yang biasa memasarkan produknya melalui toko atau media konvensional kini mulai menggunakan internet sebagai media pemasaran. Mereka memasarkan produknya melalui onlineshop/toko online. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menggambarkan Teknik-Teknik Komunikasi Pemasaran Anggota Komonshop (komunitas online shop) Indonesia Melalui Sosial Media. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif , metode observasi dan wawancara dengan tipe penelitian deskriptif yang dirasa tepat untuk menyajikan peneletian ini. Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari individu yang merupakan anggota Komonshop Indonesia sekaligus pemilik online shop yang akan di transkrip oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik-teknik komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh para pemilik online shop anggota Komonshop Indonesia adalah dengan memadukan beberapa bentuk promosi namun dengan satu tujuan yang sama, yaitu untuk memperkenalkan dan memasarkan produknya kepada konsumen dan calon konsumen. Beberapa bentuk promosi yang diterapkan untuk mewujudkan tujuan tersebut antara lain adalah advertising, sales promotion, personal selling, direct marketing dan public relations / publicity. Namun dari kelima bentuk promosi tersebut hanya advertising, sales promotion dan public relations/publicity yang aktif dilakukan oleh pemilik online shop. Sedangkan personal selling dan direct marketing tidak aktif dilakukan. Teknik komunikasi pemasaran yang dilakukan Anggota Komonshop Indonesia menggunakan caranya sendiri. Social media yang digunakan Anggota Komonshop Indonesia sendiri hanya terdapat tiga yang digunakan secara efektif yaitu Facebook, Twitter, dan Instagram.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis.K.49/14 Shi t | ||||||
Uncontrolled Keywords: | SOCIAL MEDIA | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2014 12:00 | ||||||
Last Modified: | 06 Sep 2016 02:10 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16594 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |