LAJUR SEPEDA DAN PENCITRAAN POLITIK KOTA RAMAH LINGKUNGAN

MOCHAMMAD TAUFAN DWI PUTRA, 070610320 (2014) LAJUR SEPEDA DAN PENCITRAAN POLITIK KOTA RAMAH LINGKUNGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-putramocha-30605-6.abstr-k.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
10.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penulis dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui artikulasi kepentingan Pemerintah Kota Surabaya dalam Kebijakan Pelaksanaan Lajur Sepeda Di Kota Surabaya. Penelitian ini mengambil studi kebijakan yaitu kebijakan lingkungan Surabaya ialah Lajur Sepeda. Peneliti menetapkan teknis penelitian berupa perpaduan antara pengamatan di lapangan, analisis data melalui dokumen, dan wawancara mendalam. Kemudian penulis menetapkan data yang terkumpul untuk dianalisis dan diinterpretasikan dengan pisau analisis utama konsep kebijakan lingkungan serta artikulasi kepentingan. Penulis berkesimpulan dari hasil analisis bahwa Lajur Sepeda sebagai sebuah kebijakan yang digunakan sebagai pencitraan politik kota ramah lingkungan di Kota Surabaya. Kebijakan Lajur Sepeda didorong oleh keinginan pemerintah setempat dalam mengakomodasi kepentingan publik pemakai sepeda. Penerapan kebijakan Lajur sepeda pada satu sisi memberikan ruang yang lebih nyaman dan aman bagi para pengguna sepeda. Di sisi lain, kritik yang muncul dalam penerapan Lajur sepeda adalah kebijakan ini dinilai tidak matang dalam perencanaan sehingga efektifitas kebijakan Lajur sepeda dalam mendukung isuisu lingkungan hidup belum dapat dirasakan dampaknya di Kota Surabaya. Secara regulasi, kebijakan Lajur sepeda belum terintegrasi dalam kebijakan makro moda trasnportasi darat yang direncanakan oleh pemerintah Kota Surabaya. Kebijakan Lajur sepeda dinilai merupakan sekedar pencitraan karena keterlibatan DPRD Kota Surabaya yang dinilai rendah dan kebijakan Lajur sepeda dinilai sebagai kebijakan sektoral. Kebijakan Lajur sepeda sebagai kebijakan yang mengakomodasi kepentingan strategis apabila memenuhi beberapa syarat yaitu: pertama, dalam proses penyusunan kebijakan perlu pelibatan publik yang lebih luas. Kedua, mendorong keterlibatan DPRD Kota Surabaya agar mendapat dukungan berupa regulasi (perda) yang menjadi bagian dari sistem perencanaan pembangunan kota di bidang moda transportasi yang lebih kompreahensif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.P.25/14 Put l
Uncontrolled Keywords: CITY POLITICS
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
MOCHAMMAD TAUFAN DWI PUTRA, 070610320UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWisnu Pramutanto, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2014 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 03:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16613
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item