KINERJA PDI PERJUANGAN DALAM PROSES MARKETING POLITIK PASANGAN RUKMINI-SUHADAK PADA PEMILIHAN WALIKOTA PROBOLINGGO 2013

MOCHAMMAD ALEXANDER MUJIBURROHMAN, 070913059 (2014) KINERJA PDI PERJUANGAN DALAM PROSES MARKETING POLITIK PASANGAN RUKMINI-SUHADAK PADA PEMILIHAN WALIKOTA PROBOLINGGO 2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-mujiburroh-30610-6.abstr-k.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
13.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Aplikasi strategi marketing di bidang politik saat ini bukan merupakan hal yang sangat baru. Hal ini terbukti sangat efektif untuk menunjang kemenangan dari suatu partai politik atau kandidat yang akan berkompetisi dalam pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah. Strategi marketing tersebut meliputi analisis terhadap pemilih, penyusunan strategi dan implementasi strategi marketing tersebut kepada masyarakat sebagai konstituen. Seperti halnya dalam fenomena Pemilihan Walikota Probolinggo tahun 2013. Marketing politik pada konteks pemilukada tidak dapat dilepaskan dari keterkaitan partai politik sebagai pengusung dari pasangan calon peserta pemilukada. Partai politik dapat secara langsung terlibat dalam proses marketing politik yang dilakukan oleh salah satu pasangan calon hingga berbuah kemenangan dalam pemilukada. Kemenangan tersebut menjadi target utama dari strategi marketing yang dilaksanakan oleh Partai politik pengusung yang dalam hal ini juga berperan sebagai tim sukses berperan aktif mulai dari tahap paling awal hingga puncak pemilukada. Pada konteks pilwali Kota Probolinggo 2013, PDI Perjuangan hadir sebagai partai politik yang berperan sangat penting dalam pemenangan pasangan Rukmini-Suhadak. Strategi politik tersebut secara komprehensif menjadi faktor penentu dari kemenangan pasangan kandidat calon walikota dan calon wakil walikota dalam pemilihan walikota yang berlangsung. Efektifitas dari strategi tersebut tidak dapat dilepaskan dari peran partai politik. Penelitian ini membahas tentang bagaimana partai politik dalam hal ini PDI Perjuangan berperan dalam proses marketing politik pasangan Rukmini-Suhadak pada Pemilihan Walikota Probolinggo 2013 hingga membuahkan kemenangan pada pasangan calon tersebut. Dengan berdasarkan pendekatan marketing politik, penelitian kualitatif ini mencoba menjelaskan keseluruhan strategi dari marketing politik Rukmini-Suhadak oleh PDI Perjuangan di Kota Probolinggo pada Pilwali 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.P.28/14 Muj k
Uncontrolled Keywords: POLITICAL STRATEGY
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
MOCHAMMAD ALEXANDER MUJIBURROHMAN, 070913059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHaryadi, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Mar 2014 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 05:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16616
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item