ISMI YUNITA UTAMI, 070710009 (2011) METODE PEMBELAJARAN DENGAN KONSEP ALAM DI SEKOLAH DASAR, SEKOLAH ALAM INSAN MULIA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-utamiismiy-20349-fisant-k.pdf Download (335kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
16696 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
16696 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
16696 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (997kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
16696 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16696 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (66kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan setiap masyarakat dan kebudayaan. Idealnya, pendidikan merupakan wahana pembebasan dan pemberdayaan. Adanya partisipasi dari metode pembelajaran yang demokratis dan humanis menjadi langkah positif untuk dapat membentuk karakter yang kreatif dan inovatif. Penerapan metode pembelajaran di sebuah sekolah yang dibangun dengan konsep alam, di jalan Medokan Semampir Indah, nomor 99-101, Surabaya, Sekolah Alam Insan Mulia menggunakan konsep alam dalam metode pembelajarannya. Metode yang berbeda dengan sekolah konvensional pada umumnya. Oleh karena itu, peneliti merasa perlu dan tertarik untuk mendeskripsikan secara etnografis tentang metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil fokus penelitian pada Sekolah Alam Insan Mulia. Penelitian dilakukan dalam skala mikro yakni “ruang belajar” pada tingkat Sekolah Dasar, di sekolah yang dibangun dengan konsep alam tersebut. Penelitian ini menggunakan metode etnografi, dengan pendekatan kualitatif untuk memahami adanya kegiatan budaya yang terjadi dalam metode pembelajaran yang diterapkan di Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya melalui interaksi yang terjadi di ruang kelas Sekolah Dasar-nya. Dari hasil penelitian, secara deskriptif menunjukkan, Sekolah Alam Insan Mulia dengan konsep alam yang digunakan, memaknai alam sebagai sebuah laboratorium/sarana pembelajaran. Alam juga memiliki makna lebih jauh, yakni mendekati dan mempengaruhi kehidupan anak, secara alamiah sebagaimana ciri sebuah dunia anak yang selalu terikat dengan lingkungan sekitar. Anak bukan miniatur orang dewasa, anak mempunyai keunikannya sendiri. Berusaha menyadari hal itu, Maka SAIMS menggunakan empat metode dalam pembelajarannya, antara lain integrated learning, joyful learning, contextual teaching and learning, dan cooperative learning. Menuntut pendidik/guru untuk dapat berperan dalam memahami proses tumbuh kembang muridnya. Guru sebagai pendamping dalam proses belajar bukan bertujuan mendominasi dalam kegiatan belajar. Oleh karena itu, guru bisa peka dan kreatif dalam mengembangkan daya imajinasi murid. Kata kunci: Metode Pembelajaran, Konsep Alam, Sekolah Dasar, Sekolah Al Insan Mulia Surabaya
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK2 Fis. Ant. 18/11 Uta m | ||||||
Uncontrolled Keywords: | GROUP WORK IN EDUCATION | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1501-1547 Primary education | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Dewi Rekno Ulansari | ||||||
Date Deposited: | 20 Oct 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 06 Jul 2017 19:12 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16696 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |