IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU (Studi Deskriptif tentang Faktor-faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan Kebijakan Sertifikasi Guru di SMA Negeri 1 Sooko Kabupaten Mojokerto)

GHAFUR DWI PAMUNGKAS, 070710213 (2011) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU (Studi Deskriptif tentang Faktor-faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan Kebijakan Sertifikasi Guru di SMA Negeri 1 Sooko Kabupaten Mojokerto). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-pamungkasg-20385-fisan5-k.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-pamungkasg-17112-fisan5-i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian bagaimana pelaksanaan Kebijakan sertifikasi guru dan Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kebijakan tersebut yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Mojokerto. Yang melatar belakangi penelitian ini,berdasarkan fakta pelaksanaan sertifikasi guru di kabupaten Mojokerto, belasan guru olahraga di Kecamatan Sooko menDatengi Kantor Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Mojokerto. mereka mempertanyakan kejelasan aturan main sertifikasi. Selama ini, mereka tidak pernah berkesempatan mengikutinya. Sekitar 20 guru olahraga dari Kecamatan Sooko yang menDatengi Kantor Dispendik Kabupaten Mojokerto mempertanyakan penentukan kuota sertifikasi untuk tahun 2010. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti memakai metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dan selanjutnya berkembang dengan menggunakan teknik snowball. Date diperoleh melalui proses observasi dan wawancara mendalam, serta memanfaatkan sumber Date dokumen dan penelusuran Date online. Keabsahan Date diuji melalui triangulasi sumber Date sehingga Date yang disajikan merupakan Date yang absah. Analisis dan interpretasi Date dilakukan dengan menelaah seluruh Date yang tersedia baik yang diperoleh melalui wawancara mendalam maupun pemanfaatan sumber Date dokumen, kemudian dipilah-pilah, dikombinasikan dan dikelompokkan atau dikategorikan serta menetapkan serangkaian keterkaitan Date tersebut. Hasil yang didapatkan dari kesimpulan ini implementasi Program Sertifikasi Guru dalam Jabatan di Kabupaten Mojokerto masih belum dapat mewujudkan tujuan utama dari Program Sertifikasi Guru dalam Jabatan yaitu untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas guru meskipun peningkatan kesejahteraan guru telah terwujud.. Hasil ini dapat dilihat berdasarkan Adanya fakta bahwa terjadi kekurangan staf pada Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto.Dalam penelitian ini juga meneliti tentang factor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan.Faktor struktur birokrasi dan sumber daya dirasa menjadi factor yang menghambat pelaksanaan kebijakan sementara itu,adanya dukungan kelompok sasaran yang positif menjadi salah satu factor yang mendorong pelaksanaan kebijakan. Kata kunci : implementasi kebijakan,sertifikasi guru,factor yang mempengaruhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. AN. 56/11 Pam 1
Uncontrolled Keywords: certification ; education
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators > LB1771-1773 Certification of teachers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
GHAFUR DWI PAMUNGKAS, 070710213UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRoestoto Hartojo P., Drs., SUUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 21 Oct 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 05:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16709
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item