ANALISIS PENERIMAAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (Studi Eksplanatif Tentang Teori Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Kajian On-Line Public Access Catalogue (OPAC) Di Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya)

DIAN ANESTI, 070610222 (2011) ANALISIS PENERIMAAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (Studi Eksplanatif Tentang Teori Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Kajian On-Line Public Access Catalogue (OPAC) Di Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-anestidian-20447-fisiip-k.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16714.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sistem informasi perpustakaan merupakan perangkat lunak yang didesain khusus untuk mempermudah pendataan koleksi perpustakaan, katalog, data anggota / peminjam, transaksi dan sirkulasi koleksi perpustakaan. Perpustakaan Universitas Airlangga telah mengembangkan sebuah sistem informasi perpustakaan dengan nama Library Automation Retrieval Information System (LARIS) yang penggunaan sistem informasi perpustakaan tersebut telah diaplikasikan dalam katalog OnLine atau Online Public Access Catalogue (OPAC). Dengan menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM) yang diperkenalkan oleh Davis pada tahun 1989, penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengaruh 7 (tujuh) variabel pembangun TAM dalam penerimaan sistem informasi perpustakaan khususnya penggunaan OPAC di 3 (tiga) lokasi Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya, yaitu Kampus A, B, dan C. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe eksplanatif, metode penelitian survey. Populasi yang diambil terdiri dari 3 (tiga) fakultas yang mewakili tiga lokasi Perpustakaan UNAIR dengan tingkat frekuensi jumlah peminjam terbanyak berdasarkan fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran yang mewakili Perpustakaan UNAIR Kampus A sebanyak 788 peminjam, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang mewakili Perpustakaan UNAIR Kampus B sebanyak 1234 peminjam, Fakultas Sains dan Teknologi mewakili Perpustakaan UNAIR Kampus C sebanyak 673 peminjam. Pengambilan sampel menggunakan Stratified random sampling pendekatan disproporsional, karena jumlah sampel yang digunkan untuk masing-masing sub populasi / strata yang tidak sama. Sebanyak 100 responden diteliti melalui kuesioner dengan kriteria pemakaian OPAC dan penentuan skor peminjaman >10 kali. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan model Structural Equation Model (SEM), diketahui bahwa analisis penerimaan sistem informasi perpustakaan dengan menggunakan model TAM pada kajian OPAC di Perpustakaan UNAIR dipengaruhi oleh external variable, perceived ease of use, dan actual system usage. External variable mempunyai pengaruh tidak langsung sebesar 0,36 dan pengaruh langsung sebesar 0,00, jadi external variable secara total berpengaruh terhadap actual system usage sebesar 0,36. External variable mempunyai pengaruh langsung sebesar 0,39 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,00, jadi external variable secara total berpengaruh terhadap perceived ease of use sebesar 0,39. Perceived ease of use mempunyai pengaruh langsung sebesar 0,91 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,00, jadi perceived ease of use secara total berpengaruh terhadap actual system usage sebesar 0,91. Kata Kunci: TAM, SEM, OPAC.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. IIP. 13/11 Ane a
Uncontrolled Keywords: LIBRARY ; INFORMATION SYSTEMS
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 Geographic information systems
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
DIAN ANESTI, 070610222UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYunus Abdul Halim, S.Si., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 26 Oct 2011 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 21:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16714
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item