PERILAKU MEMBACA REMAJA AWAL DI PERKOTAAN (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Membaca Remaja Melalui Media Internet Pada Siswa-Siswi SMP Negeri 12 Surabaya dan SMP Khadijah Surabaya)

Erlyna Pradasari, 070710502 (2011) PERILAKU MEMBACA REMAJA AWAL DI PERKOTAAN (Studi Deskriptif Tentang Perilaku Membaca Remaja Melalui Media Internet Pada Siswa-Siswi SMP Negeri 12 Surabaya dan SMP Khadijah Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-pradasarie-20478-fisiip-k.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16724.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi tentang perilaku membaca melalui media tercetak sudah banyak dilakukan, akan tetapi sejak maraknya internet studi tentang perilaku membaca online di era digital belum banyak dilakukan, apalagi di Indonesia. Fakta inilah yang mendorong penulis untuk melakukan sebuah penelitian tentang perilaku membaca remaja perkotaan di era digital melalui media internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bahwa teknologi komunikasi dan informasi (ICT), yaitu internet berpengaruh terhadap perilaku membaca remaja di era digital. Selain itu secara khusus penelitian ini ingin mengidentifikasi hubungan antara faktor psikologi dan perilaku membaca remaja di era digital tersebut. Sembilan puluh tiga kuesioner telah disebar pada siswa-siswi di SMP Negeri 12 Surabaya dan SMP Khadijah Surabaya dengan teknik pengambilan responden menggunakan systematic random sampling. Hasilnya mengindikasikan bahwa internet mengubah kebiasaan membaca remaja dari yang semula paper-based menjadi internet-based reading. Minat pada bacaan online lebih terarah pada bacaan tentang berita olahraga khususnya yang bertemakan sepak bola dengan laki-laki yang mendominasi pada usia 14 hingga 15 tahun. Dengan intensitas waktu 1-2 jam setiap harinya remaja-remaja ini melakukan aktivitas online diatas dengan teknik skimming baik itu untuk mencari informasi terkait tugas di sekolah hingga mencari teman atau hiburan. Dengan memasukkan alamat web yang diketahui sebelumnya mereka menemukan informasi dan mulai membacanya. Aktivitas multitasking (facebook, twitter, dan Yahoo Messenger) yang dilakukan saat membaca digital mempengaruhi tingkat konsentrasi membaca remaja, mereka menjadi tidak fokus untuk membaca. Hasil dari penelitian ini juga mengindikasikan bahwa faktor psikologi juga mempengaruhi perilaku membaca remaja melalui internet. Ini terbukti bahwa remaja termasuk golongan berkepribadian ekstrovert saat berhadapan dengan internet. Karena sifat ekstrovert yang cenderung menggunakan media internet untuk mencari informasi terkait tugas atau pelajaran disekolah serta mencari teman atau hiburan. Kata kunci : Perilaku Membaca, Digital Reading, Internet, Ekstrovert-Introvert

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. IIP. 21/11 Pra p
Uncontrolled Keywords: HUMAN BEHAVIOR ; SCHOOL
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1501-1547 Primary education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Erlyna Pradasari, 070710502UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 27 Oct 2011 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 07:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16724
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item