ANALISA KEMAMPUAN INFORMATION RETRIEVAL DAN KELENGKAPAN FITUR Online Publick Acces Catalogue (OPAC) (Studi Kasus OPAC Perpustakaan STIESIA Surabaya)

YAHYA ADE ASHARDIAN, 070916106 (2011) ANALISA KEMAMPUAN INFORMATION RETRIEVAL DAN KELENGKAPAN FITUR Online Publick Acces Catalogue (OPAC) (Studi Kasus OPAC Perpustakaan STIESIA Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-ashardiany-20482-fisiip-k.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-ashardiany-17191-fisiip-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Online Publik Access Catalogue (OPAC) merupakan sistem temu balik informasi (information retrieval) yang ditujukan kepada pengguna perpustakaan untuk mengoptimalkan layanan dalam penemuan informasi yang di butuhkan. Penelitian ini membahas tentang evaluasi tingkat ketepatan dalam proses temu balik informasi dengan penilaian precision & recall dengan pendekatan judul dan subyek, serta evaluasi kemampuan fungsional dan kelengkapan fitur OPAC. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif.Dengan populasi civitas akademika STIESIA yang menggunakan layanan OPAC.Pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Sebanyak 100 responden dengan menggunakan checklist OPAC dan kuesioner dengan criteria penggunaan OPAC >10 kali Hasil penelitian menunjukkan bahwa temu balik informasi dilihat dari precision dan recall dengan pendekatan judul dan subyek terdapat perbedaan, dan kelengkapan fitur OPAC terdapat perbedaan / gap antara fitur yang tersedia pada sistem dengan fitur yang diinginkan responden atau perlu adanya pada sistem. Dari dua variabel tersebut sangat erat hubungannya guna memperbaiki infrastruktur sistem OPAC yang terdapat dalam perpustakaan STIESIA Surabaya. Kata Kunci :precision dan recall, OPAC, interface features.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. IIP. 30/11 Ash a
Uncontrolled Keywords: INFORMATION STRORAGE ; RETRIEVEL SYSTEMS
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
YAHYA ADE ASHARDIAN, 070916106UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYunus Abdul Halim, S.Si., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 27 Oct 2011 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 08:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16729
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item